Harga Emas Tertekan di Level Rendah 5 Bulan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Berita commodity global di hari Senin(29/8), harga emas dan perak terpantau mengalami penurunan ke level rendah 5 bulan, ketika minimnya laporan fundamental ekonomi dalam mengawali pekan ini. Di sisi lain, meningkatnya harapan bahwa The Fed akan mempercepat kenaikan suku bunga di AS telah memberikan ruang gerak bagi greenback menguat.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, emas berjangka kontrak Desember terpantau turun 0.28% di level $1.322.25 per troy ounce didivisi Comex, AS. Pergerakan harga emas sejak pagi ini telah bergerak menyentuh level low di $1.318.10 dan level highdi $1.324.45. Sedangkan untuk pergerakan perak berjangka kontrak September terpantau turun 0.65% di level $18.530 per troy ounce.

Harga emas tengah diperdagangkan pada zona negatif setelah membukukan penurunan mingguan pada pekan lalu. Hal ini terjadi akibat menguatnya permintaan greenback akibat meningkatnya?harapan kenaikan suku bunga AS akan terjadi pada bulan September, meski saat ini laju kenaikan suku bunga tetap sangat bergantung terhadap data ekonomi.

Sementara nanti malam, laporan belanja dan pendapatan pribadi warga AS akan muncul dihadapan pasar dimana data tersebut diperkirakan mampu memberikan gejolak pergerakan harga pasar forex maupun commodity global. Survei ekonom memperkirakan bahwa pertumbuhan belanja pribadi akan mengalami kenaikan 0.3% di bulan Juli dan untuk pendapatan pribadi mengalami kenaikan 0.4% di bulan Juli.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll