Harga Emas Tertekan, Greenback Bangkit

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Berita commodity global di hari Rabu(24/8), harga emas terpantau alami pelemahan ketika permintaan greenback telah kembali sejak adanya indikasi pemulihan pasar perumahan di wilayah AS. Di sisi lain, penguatan dollar AS justru berdampak buruk sehingga penurunan pada harga komoditas logam global bisa terjadi mengingat pergerakan greenback biasanya berlawanan dengan harga emas maupun perak.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka kontrak Desember terpantau turun 0.38% di level $1.341.05 per troyo uonce di divisi Comex, AS. Pergerakan harga emas sejak pagi ini terlihat telah bergerak menyentuh level low di $1.339.50 dan level high di $1.343.45. Sedangkan untuk perdagangan logam lainnya, dengan perak berjangka kontrak September terpantau alami penurunan sebesar 0.21% dengan diperdagangkan pada level $18.883 per troy ounce.

Pelemahan yang dialami oleh harga komoditas logam berjangka saat ini telah dipengaruhi atas peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah AS. Meningkatnya penjualan rumah di negeri Paman Sam merupakan faktor utama pelemahan yang dialami oleh harga emas, dan justru memberikan peluang bagi greenback untuk mengalami penguatan.

Sementara masih seputar laporan pasar perumahan, AS nantinya akan segera merilis data penjualan rumah bekas yang dijadwalkan muncul pada pukul 21.00 waktu Jakarta. Survei ekonom memperkirakan bahwa penjualan rumah bekas akan mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 5.52 juta unit untuk periode akhir bulan Juli.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll