Rifanfinancindo | Emas Turun Akibat Rumor Terkait Negosiasi AS-China

Rifan financindo – Harga emas turun di sesi perdagangan Senin (21/Januari) malam ini, dengan para investor yang masih menantikan perkembangan negosiasi perdagangan AS-China. Harga emas futures di Comex New York diperdagangkan di $1,281.65, turun tipis 0.07 persen dari posisi di sesi Asia. Penurunan tampak lebih tajam di grafik XAU/USD harian. Saat berita ini ditulis, XAU/USD turun 0.23 persen ke 1,278.43, setelah merosot 0.79 persen di akhir pekan lalu.

xu

Negosiasi Dagang AS-China Masih Simpang Siur

Menurut laporan Wall Street Journal, Jumat lalu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, mengatakan untuk mempertimbangkan kenaikan tarif impor terhadap sejumlah barang dari China. Setelah itu, Mnuchin akan menawarkan untuk mencabut kebijakan itu sebagai strategi dalam negosiasi yang dijadwalkan akan digelar pada tanggal 30 Januari mendatang. Sayangnya, Perwakilan Perdagangan AS, Robert Lightizer menolak gagasan Mnuchin tersebut. Oleh karena itu, belum ada proposal yang dapat diajukan kepada Presiden Donald Trump.

emas-as-china

Namun, kabar tersebut dibantah oleh pemerintah AS melalui juru bicara Menteri Keuangan. “Baik Menkeu Mnuchin maupun Lighthizer, belum memberikan rekomendasi apapun kepada siapapun terkait bea impor ataupun hal lain yang berkenaan dengan negosiasi China,” kata juru bicara Menteri Keuangan tersebut. “Yang jelas, proses dengan China saat ini saat ini memang belum mendekati sempurna.”

Analis Masih Optimistis Terhadap Harga Emas

Walaupun harga emas turun sejak akhir pekan lalu, para analis masih optimistis harga emas akan kembali menguat dalam jangka panjang. Sebab, isu terhentinya kenaikan suku bunga The Fed dan perlambatan global masih lebih mendominasi.

“Dalam jangka panjang, kami masih positif terhadap emas, dalam kaitannya dengan perlambatan global dan kondisi ekonomi, serta ketidakpastian geopolitik,” kata Benjamin Lu, analis Philip Futures di Singapura. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo
 
Sumber : Seputarforex