Rifan Financindo | Harga Emas Turun Jelang Negosiasi Trump-Xi Jinping

Rifan financindo – Harga emas turun di sesi perdagangan Jumat (30/November) malam. Penyebabnya adalah menguatnya Dolar AS, karena pasar sangat menantikan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping dalam KTT G20 di Argentina hari ini. Kedua pemimpin negara tersebut diharapkan dapat menemukan solusi yang dapat meredakan tensi perang dagang AS-China. Sebagai catatan, gejolak perdagangan global memang menjadi pokok bahasan yang mendominasi konferensi tersebut.

“Semua mengawasi pertemuan G20 (utamanya) antara Trump dan Xi. Ada sedikit kekhawatiran untuk menempatkan posisi baru menjelang diskusi mereka, karena hasil diskusi tersebut sangat tidak pasti,” ungkap Ross Strachan, analis Capital Economics.

Harga Emas Jeblok

Harga emas spot turun 0.2 persen ke 1,221.26 per ons pada pukul 20:20 WIB. Sedangkan harga emas futures turun 0.3 persen ke1,2220.20 per ons. Dalam grafik harian di bawah ini, XAU/USD melemah 0.54 persen ke 1,217.55.

rifan-pekanbaru.com

Menurut Craig Erlam, analis OANDA, harga emas relatif stabil sejauh ini. Respon pasar selanjutnya akan bergantung pada pesan yang disiratkan oleh Trump dan Xi.

AS, Kanada, Dan Meksiko Tanda Tangani Kesepakatan

Sebagai informasi sisipan menjelang pertemuan Trump dan Xi, ada perkembangan positif dari KTT G20 malam ini. AS, Kanada, dan Meksiko akhirnya menandatangani pakta perdagangan khusus. Kesepakatan tersebut memang belum menjadi kesepakatan “The New NAFTA”, tapi ketiga negara telah menyetujui mutualisme perdagangan bernilai triliunan Dolar AS.

Setelah ini, perwakilan AS, Kanada, dan Meksiko masih harus menandatangani pakta United States-Mexico-Canada Agreement (USMCA), sebelum memberlakukannya dan menggantikan NAFTA. Selain itu, juru bicara PM Kanada mengatakan bahwa AS dan Kanada masih perlu melakukan pembicaraan lebih lanjut untuk mengeliminasi bea impor baja dan aluminium.  ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan financindo 

Sumber : seputarforex