RIFANFINANCINDO PEKANBARU | Harga Emas Turun, Minat Risiko Kembali Meningkat

harga-emas-naik-mengembalikan-fungsinya-sebagai-safe-haven-285916-28417

rifan-pekanbaru Harga emas turun di sesi perdagangan Senin (29/Okt) malam, setelah menyentuh level tinggi tiga setengah bulan di sesi sebelumnya. Dolar AS yang menguat bersama dengan saham-saham yang bergerak ke wilayah positif, membuat aset safe haven emas mengalami tekanan jual.

 

Harga emas spot turun 0.2 persen ke $1,230.22 per ons pada pukul 22:00 WIB, setelah menyentuh level tertinggi sejak tanggal 17 Juli di $1,243.32 pada hari Jumat lalu. Sementara itu, harga emas futures untuk pengiriman Desember di Comex, turun 0.2 persen ke $1,232.80 per ons.

 

harga-emas-turun-investor-kembali-ke-minat-risiko-285944-24013

 

Kembalinya Minat Risiko

“Para investor sedang menanggalkan peralihan dana mereka ke aset-aset yang aman dan kembali ke skenario (investasi) berisiko lebih tinggi. Oleh sebab itulah mereka membeli ekuitas dan menjual Emas. Ini merupakan rotasi (investasi antar ) sektor,” kata Phill Streible, Ahli Komoditas Senior di RJO Futures, Chicago.

harga-emas-turun-investor-kembali-ke-minat-risiko-285944-25876

Saham-saham Eropa naik, begitupula dengan indeks AS karena peningkatan saham-saham AS. Pulihnya sektor teknologi serta meredanya masalah Italia sehubungan dengan penurunan peringkat kredit, telah membantu pasar saham untuk pulih dari aksi jual global.

Kembalinya minat risiko telah meminggirkan emas, dan menariknya sedikit turun dari puncak yang terbentuk beberapa hari ini.” kata Craig Erlam, analis senior pasar di OANDA. London.

Secara teknikal, menurut trader di MKS PAMP, minat beli yang muncul kali ini lebih disebabkan oleh rangsangan dari posisi long yang baru. Selain itu, masih ada peluang bagi harga emas untuk naik ke level yang lebih tinggi lagi seperti level $1,245. Sedangkan secara fundamental, menurut analis Saxo Bank, harga emas membutuhkan dukungan lagi dari perkembangan sektor fundamental apabila ingin melihat kenaikan harga.  ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : Seputarforex