RIFANFINANCINDO | Harga Emas Turun Pasca Pembatalan Pertemuan AS-Korut

RIFAN FINANCINDO PEKANBARU –  Harga emas turun di hari Jumat (25/Mei) siang ini, setelah melonjak menembus $1,300 di sesi perdagangan sebelumnya. Harga emas sempat naik setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan pertemuan bersejarah dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un tadi malam. Namun, kenaikan harga emas berlanjut karena siang ini harga emas menurun.

Emas spot turun 0.2 persen ke $1,302 per ons pada pagi tadi, setelah memperoleh kenaikan hingga 1 persen di sesi sebelumnya. Kenaikan tersebut merupakan peningkatan harian terbesar sejak tanggal 11 April. Sementara itu, harga emas futures di Comex New York untuk pengiriman bulan Juni menurun 0.2 persen ke harga $1,301.90 per ons. Harga emas ANTAM justru naik, dari Rp657,000 per gram menjadi Rp660,000 per gram, dengan buyback price Rp587,000.

emas

Donald Trump Batalkan Pertemuan Dengan Kim Jong Un

Presiden AS Donald Trump membatalkan pertemuan dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un yang sedianya akan diadakan di Singapura pada tanggal 12 Juni mendatang. Dalam suratnya yang ditujukan langsung kepada Kim Jong Un, Trump menuliskan bahwa Korea Utara sedang memendam amarah dan terang-terangan menunjukkan permusuhan. Kendati demikian, Trump tidak menutup kemungkinan untuk menjadwalkan pertemuan kembali apabila Korea Utara berkenan.

Pernyataan tersebut menjadi energi bagi aset-aset safe haven untuk menguat termasuk emas. Harga emas seketika melonjak seperti seharusnya saat sedang terjadi gejolak geopolitik. Namun, kenaikan harga emas segera terbentur di puncak $1,305 setelah Korea Utara menanggapi surat Trump tersebut dengan tenang. Menlu Kim Kye Gwan mengatakan bahwa Korea Utara masih membuka diri untuk diskusi kembali dengan AS.

Awasi Pidato Jerome Powell

Dolar AS yang awalnya melemah terhadap mata uang safe haven dan emas, akhirnya kembali menguat siang ini. Analis DailyFX, Ilya Spivak, mengatakan bahwa penekan turun harga emas masih akan berlanjut. Malam nanti, Ketua The Fed Jerome Powell dijadwalkan akan berpidato. Apabila Powell mengungkapkan pernyataan bernada hawkish, maka Dolar AS dapat menguat kembali dan harga emas akan berbalik turun.  ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo
Sumber : seputarforex
Baca juga :