Harga Emas Turun Rendah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Harga emas terhanyut rendah di perdagangan Asia pada Rabu pagi (31/8). Dipicu dari harapan-harapan yang tumbuh untuk kenaikan suku bunga Fed pada akhir tahun.

Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Desember turun 0.09% menjadi $1,317.75 troy ons. Tadi malam, emas menghadapi tekanan seiring dari penguatan dolar AS pasca indeks keyakinan konsumen AS tampil membaik.

Saat ini, pelaku pasar juga melihat ke depan jelang laporan nonfarm payrolls guna petunjuk lebih lanjut tentang kapan kenaikan tingkat suku bunga US berikutnya. Konsensus menunjukkan pertumbuhan pekerjaan ke level 180.000 pada bulan Agustus, menurun dari level 255,000 di bulan sebelumnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV pada hari sebelumnya, Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan sektor tenaga kerja AS hampir sudah menjadi kekuatan penuh dan laju kenaikan suku bunga oleh bank sentral AS akan tergantung pada seberapa baik perekonomian mendatang.

Fischer sendiri juga tutup mulut kapan kenaikan suku bunga berikutnya, ?Kami memilih kecepatan berdasarkan data.? ujarnya. Menurut fed rate monitor, kenaikan suku bunga naik menjadi 24% di bulan September. Logam mulia sensitif dalam pergerakan di tingkat biaya oportunitas, sementara meningkatkan dolar AS. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak berjangka naik 0.50% di level $18.670 troy ons, dan tembaga berjangkan naik 0.24% di level $2.082 troy pound.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll