Rifan Financindo | Harga Emas Turun Terbatas, Pidato Powell Tak Singgung Kebijakan Moneter

rifan-pekanbaru.com
Rifan Financindo – Meski harga emas turun pagi ini, kekhawatiran akan perlambatan global dan ancaman Government Shutdown yang masih menghantui politik AS, masih menjadi penyangga harga emas untuk tetap bertahan di level 1,300. Dolar AS yang menguat, menghalangi kenaikan harga logam mulia. Pidato presiden dan ketua bank sentral AS, tak memberikan pengaruh signifikan bagi pasar, termasuk emas.

Harga emas spot stabil di $1,3086 per troy ounce pada pukul 07:50 WIB. Sebelumnya, harga emas spot sempat jatuh 0.7 persen ke level terendah sejak tanggal 29 Januari. Di sisi lain, harga emas futures di Comex New York, turun 0.3 persen ke $1,310.70. Sedangkan XAU/USD, turun 0.18 persen ke 1,303.96.

xu

Menurut Matthew Bolden, trader dan investor dalam kolomnya di GoldPrice.org, Outlook Fundamental dan teknikal masih konstruktif untuk emas secara keseluruhan. Dovish-nya The Fed, risiko-risiko geopolitik, dan lemahnya Dolar AS, masih berpotensi membuat harga emas menguat.

Pidato Trump Dan Powell Tidak Mengandung Kejutan

Kemarin, harga emas sedikit menurun walaupun pidato State of Union presiden AS Donald Trump, nihil isu baru. Trump hanya membahas masalah-masalah klise seperti peran perempuan dalam dunia kerja serta masalah imigran. Meski demikian, ia tak menyinggung secara spesifik langkah lanjutan yang akan ditempuh pasca penolakan anggaran pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Begitupula dengan pidato Jerome Powell pagi ini. Ketua bank sentral AS tersebut tak menyinggung perihal kebijakan moneter maupun hal yang berkaitan langsung dengan kebijakan moneter, seperti yang diekspektasikan oleh pasar sebelumnya. Dalam pidatonya di Washington DC hari ini, Powell mengungkapkan bahwa masalah kesenjangan pendapatan dan melambatnya produktivitas akan menjadi tantangan terbesar bagi Amerika Serikat dalam satu dekade ke depan. Mengenai perlambatan mobilitas di AS, Powell menungkapkan keprihatinannya dengan mengatakan,”Hal ini bukanlah citra diri kita sebagai sebuah negara, dan bukan pula cita-cita kita.”( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan Financindo
Sumber : seputarforex