Harga Emas Turun Tipis

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Emas turun sedikit di perdagangan sesi Asia pada Selasa pagi (9/8). Pasca data CPI dan PPI Tiongkok bulan Juli.

Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk pengiriman Desember turun -0.13% menjadi $1,339.65 troy ons. Data CPI Tiongkok bulan Juli menunjukkan penurunan ke level 1.8% dari 1.9%. Naik dari perkriaan analis di level 1.7%. Seiring data PPI yang juga turun ke level -1.7% dari -2.6%. Sementara di Australia, kepercayaan bisnis NAB datang turun di level 4 untuk bulan Juli, dibandingkan dengan bulan sebelumnya 5.

Semalam, si kuning juga sudah mengalami penurunan di tengah-tengah penguatan dolar AS yang cukup kuat, investor yang berspekulasi pada kenaikan tingkat suku bunga tahun ini mengikuti laporan bulanan payrolls pada akhir pekan lalu.

Pada hari Senin, CME Group, alat Fed Watch menempatkan kemungkinan kenaikan suku bunga bulan September oleh Komite pasar terbuka Federal (FOMC) sebesar 18,0%, naik tajam dari 9% di sesi Kamis lalu sebelum rilis. Probabilitas Desember tingkat kenaikan dari FOMC juga meningkat menjadi 40%, naik dari 29.4% di tengah pekan.

Kenaikan tingkat suku bunga oleh Fed tahun ini dilihat sebagai penurunan untuk emas, yang berjuang untuk bersaing dengan imbal hasil yang tinggi. Pada perdagangan Comex lainnya, spot perak berjangka -0.27% di level %19.752 troy ons, dan tembaga juga turun -0.09% di level $2.158 troy pound.(mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?financeroll