Fujifilm Resmikan Mirrorless X-A3, Banderol Rp 8 Juta

 

Yudhianto – detikinet
Kamis, 25/08/2016 15:24 WIB
Fujifilm Resmikan Mirrorless X-A3, Banderol Rp 8 JutaFoto: Istimewa
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Jakarta?Penyuka kamera Fujifilm dipastikan mendapat pilihan baru. Produsen asal Jepang ini baru saja meresmikan mirrorless terbarunya yang dinamai X-A3.

Peluncuran ini cuma berselang beberapa hari dari penampakannya. Improvisasi signifikan terletak di bagian sensornya, X-A3 kini dibekali kemampuan 24,3 MP. Meningkat dari yang tadinya 16 MP di X-A2.

Tapi jangan bandingkan dengan X-Pro2 dan X-T2. Karena meski mengusung kemampuan sama-sama 24,2 MP, sensor yang digunakan dipastikan beda. Termasuk juga image processor-nya. Walau begitu, X-A3 menyodorkan mode fokus yang lebih banyak dibanding generasi sebelumnya.

Untuk urusan perekaman, jangan berharap 4K, karena X-A3 hanya mendukung resolusi 720 pixel dan 1080 pixel. Sedangkan frame rate yang bisa dipilih, selain 30p juga ada 24p, 50p hingga 60p.

Bagian layar X-A3 bisa ditekuk-tekuk, sehingga gampang bagi pengguna kalau-kalau melakukan jepretan selfie. Kamera ini juga bisa menentukan fokus dengan berpatokan pada mata pengguna. Sehingga pengguna tak perlu repot-repot menekan tombol shutter ketika selfie.

Kalau mau pengguna juga bisa menekan tombol shutter secara manual ketika selfie, namun X-A3 hanya akan menjeperet kalau orang-orang yang ada di layar melontarkan senyum.

Bicara desain, sama seperti penampakan sebelumnya. Fujifilm mengusung tampilan retro yang dikombinasikan dengan padanan finishing kulit.

Penasaran banderolnya? Siapkan kocek sekitar USD 600 atau sekitar Rp 8 juta (USD 1 = Rp 13.300) untuk memboyongnya. Konsumen juga akan mendapatkan lensa standar 16-60 mm dengan aperture F3,5-5,6.

X-A3 bukan satu-satunya produk yang dirilis Fujifilm. Dihargai USD 450 yang setara Rp 6 juta, produsen ini juga merilis sebuah lensa 23 mm yang punya bukaan F/2. Lensa ini juga diklaim punya kelebihan di ketahanannya terhadap berbagai cuaca.

Tapi agar optimal, pastikan kamera yang menggunakannya juga punya ketahanan terhadap berbagai cuaca. Yang mana hal ini belum ditemui di kamera Fujifilm sendiri, kecuali mungkin generasi terbaru seri X-T nantinya.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?inet.detik