Indeks Sentimen Bisnis Ifo Jerman Melesat, Begini Kata Morgan Stanley

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Antusiasme bisnis di Jerman pada bulan Desember ini dilaporkan mengalami peningkatan. Dari survei Ifo, sentimen bisnis negara ekonomi terkuat Zona Euro tersebut mencapai level tertingginya sejak bulan Februari 2014. Ekspektasi akan rebound perekonomian Jerman di kuartal keempat ini pun tumbuh.

euro-dolar

Lembaga Ifo yang berpusat di Munich melaporkan bahwa indeks Business Climate Jerman, berdasarkan survei bulanan dari 7,000 perusahaan, meningkat hingga 111.0 setelah mencapai 110.4 pada bulan November. Perkiraan Reuters menyebutkan bahwa indeks Business Climate hanya akan mencapai 110.7.

“Perekonomian Jerman sedang berusaha menciptakan akhir tahun yang kuat,” kata Clemen Fuest, Kepala Ifo. Ia menambahkan bahwa indeks manufaktur dan wholesale mengalami kenaikan. Perusahaan-perusahaan manufaktur Jerman pun sedang menyusun rencana untuk menambah produksi mereka beberapa bulan ke depan.

Morgan Stanley Prediksikan Downside EUR/USD

Laporan ini tak memberikan banyak pengaruh bagi Euro. Saat berita ini ditulis, EUR/USD diperdagangkan di harga 1.0446, malah sedikit menurun dari harga pembukaan sebelumnya.

Di tengah meluasnya penguatan Dolar AS karena ke-hawkish-an The Fed, EUR/USD telah mencapai level terendah sejak bulan Januari tahun 2003. Menurut analisa Morgan Stanley, kondisi ini masih memiliki momentum untuk terus menurunkan pair tersebut, meski hari ini Dolar masih cenderung melemah karena profit-taking. Mereka memperkirakan, EUR/USD akan terus menuju ke level yang mendekati paritas karena penguatan Dolar dan kebijakan moneter akomodatif ECB.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat : Rifan Financindo

Sumber : seputarforex