Index Kepercayaan Konsumen Inggris Masih Negatif

Rifan Financindo Berjangka ?Semangat konsumsi di Inggris tunjukkan penurunan tipis di bulan Oktober ini. Turunnya tingkat keyakinan konsumen Inggris ini sekaligus memsuki bulan ke-2 nya berturut-turut, dimana penurunan ini sekaligus menunjukkan pesimisme sektor rumah tangga terhadap prospek perekonomian negaranya, demikian seperti dilaporkan oleh sebuah survei yang dilakukan para peneliti GfK hari Jumat (31/10/2014).

Indeks kepercayaan konsumen berdasarkan survey GfK turun pada bulan Oktober ke skor -2 dari -1 di bulan September. Skor di bulan ini adalah yang terlemah dalam tiga bulan terakhir. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

United Kingdom Consumer Confidence
Keyakinan sektor rumah tangga tentang prospek ekonomi Inggris untuk 12 bulan ke depan berada pada tingkat terendahnya sejak Februari lalu. Data yang ada saat ini sekilas menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi Inggris yang terlihat cepat beberapa waktu lalu telah melambat pada semester kedua tahun ini.

Adapun penurunan di bulan Oktober ini karena didorong oleh penurunan atas tiga dari lima komponen utama indeks pembelian besar yang tergelincir ke level terendah sejak Maret.

Namun, survei kepercayaan konsumen yang terpisah dari kelompok riset Nielsen menunjukkan hal yang sebaliknya. Berdasarkan laporan Nielsen, tingkat kepercayaan konsumen Inggris di bulan ini berhasil mencapai tingkat tertingginya sejak kuartal ketiga tahun 2007 lalu, yaitu sejak awal krisis keuangan.

Dua hasil survey yang sangat kontras tersebut memang tidak bisa disalahkan atau dibenarkan. Meski memiliki resultyang berbeda dengan Gfk, Nielsen sendiri mengakui bahwa secara keseluruhan, konsumen di Inggris masih pesimis tentang prospek pertumbuhan ekonomi Inggris ke depannya.(Mbs – Rifan Financindo Berjangka)

Sumber :?http://vibiznews.com