Industri Produksi Tiongkok Membaik

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA?? Output industri Tiongkok tumbuh tercepat dalam lima bulan pada bulan Agustus, ditopang dari banyaknya permintaan produk-produk dari batubara untuk bahan otomotif dan properti booming.

Dirilis oleh biro statistik Tiongkok, industri produksi naik di level 6.3% pada bulan Agustus, mengejutkan analis yang diharapkan pertumbuhan sebesar 6,1%. Di bulan sebelumnya hanya 6.0%.

Industri baja Tiongkok khususnya, telah menguat dalam beberapa bulan terakhir, sementara infrastruktur dan booming perumahan telah mendorong permintaan untuk bahan bangunan. Penjualan ritel juga mengalahkan harapan, memperluas di level 10,6% dari 10.2% di bulan sebelumnya.

Investasi Aktiva tetap adalah tidak berubah pada 8,1% selama delapan bulan pertama tahun ini, dilaporkan juga oleh Biro Statistik.

Pembuat kebijakan Tiongkok telah berfokus pada peningkatan lingkungan operasi untuk sektor swasta tahun ini, termasuk menyerukan akses terhadap kredit dan akses pasar yang adil. Tapi perusahaan swasta masih mengeluh kompetisi yang tidak adil dengan perusahaan negara dan akses yang terbatas ke beberapa pasar, terutama di bagian penting dari sektor jasa. Data perdagangan menunjukkan permintaan domestik yang kuat sebagai impor naik untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun, sementara ekspor jatuh kurang dari yang diharapkan.

(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber : financeroll