Investor Beralih ke Mata Uang Aman, Dollar Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Mata uang Eropa melemah hari Senin karena investor, terguncang oleh serangan terkoordinasi di Paris akhir Jumat lalu. Insiden ini membuat investor memindahkan asset ke mata uang yang dianggap lebih aman seperti dolar AS dan yen Jepang. ?Pasar defensif,? kata Mark McCormick, ahli strategi FX global Cr?dit Agricole. ?Peristiwa Internasional berada di garis depan dari pikiran para investor.?

EURUSD diperdagangkan pada level $ 1,0684 pada akhir Senin di New York, turun dari level $ 1,0769 di akhir Jumat, menyeret mata uang Eropa lainnya turun. GBPUSD Inggris dan Swiss franc USDCHF juga jatuh, diperdagangkan pada level $ 1,5206 dan 1,009 franc terhadap dolar akhir Senin. Yang dibanding dengan $ 1,5232 dan 1,006 terhadap dolar pada akhir sesi Jumat.

Sementara itu, dolar menguat terhadap yen, tetapi sempat mengupas kembali beberapa keuntungan setelah publikasi indeks Empire State, yang menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di wilayah New York turun untuk bulan keempat secara berturut-turut pada bulan November. USDJPY diperdagangkan pada level ? 123,20 hari Senin, dibandingkan dengan level ? 122,61 pada akhir Jumat. ICE US Dollar Index DXY naik 0,2% menjadi 99,3870.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/investor-beralih-ke-mata-uang-aman-dollar-menguat/