Janet Yellen: Ekonomi AS Sudah Siap untuk Kenaikan Suku Bunga


Rifan Financindo Berjangka ? Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa beliau berekspektasi ekonomi AS akan terus meningkat dan memperkirakan bahwa kenaikan bertahap suku bunga lebih lanjut sudah pantas.

?Saya tetap percaya bahwa sudah sesuai untuk secara bertahap mengurangi tingkat akomodasi kebijakan moneter, asalkan kondisi pasar tenaga kerja terus membaik dan inflasi terus membuat kemajuan menuju tujuan kami,? kata Yellen dalam pidatonya di World Affairs Council Philadelphia.

Meski demikian, Yellen tidak memberi petunjuk apapun mengenai kapan waktu tindakan Fed berikutnya. Dia juga tidak mengulangi kalimat bahwa Fed akan bertindak ?dalam beberapa bulan mendatang? yang termasuk dalam sambutannya di Harvard University pada 27 Mei.

Laporan pekerjaan bulan Mei yang lemah telah memberi keraguan tentang kenaikan tarif pada bulan Juli. Pesan Yellen untuk pasar adalah bahwa Fed tidak akan melakukan apa-apa pada bulan Juni dan dia akan menunggu laporan pengangguran untuk memutuskan tentang bulan Juli. Outlook beliau untuk ekonomi ternyata 99% sama dari apa yang terakhir kali beliau sampaikan pada bulan Mei yang lalu.

Yellen menjabarkan beberapa ketidakpastian yang dihadapi perekonomian AS. Tapi beliau justru melihat bahwa pertumbuhan moderat sedang terjadi dan hal tersebut akan menjadi pemicu kenaikan tarif.

?Meskipun perekonomian akhir-akhir ini terlihat meragukan, saya melihat alasan yang baik untuk terus berekspektasi bahwa kekuatan positif yang mendukung pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi akan terus lebih besar daripada yang negatif,? kata beliau.

Sumber : http://financeroll.co.id/news/janet-yellen-ekonomi-as-sudah-siap-untuk-kenaikan-suku-bunga/