Jangan Remehkan, Diabetes Melitus Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Jangan Remehkan, Diabetes Melitus Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Jakarta?Memiliki momongan mungkin menjadi harapan sebagian besar perempuan yang sudah menikah. Namun hal tersebut mungkin saja akan terasa sulit bila yang bersangkutan mengalami diabetes melitus.

“Apabila kondisi kadar gula tidak bagus, membuat seorang wanita menjadi sulit hamil atau menyebabkan keguguran,” ujar Dr dr Em Yunir, SpPD, K-EMD, FINASIM dari RS Cipto Mangunkusumo, di sela-sela acara Partnership in Diabetes Control di Indonesia (PDCI) di Hotel Icon, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2016).

Baca juga: Jangan Remehkan Diabetes Saat Hamil

dr Yunir menambahkan kadar gula yang tidak bagus juga bisa membuat gangguan sirkulasi pada rahim perempuan yang membuat oksigen untuk bayi berkurang. Hal tersebutlah yang membuat perkembangan bayi menjadi tidak bagus. Selain itu, pada ibu hamil yang mengalami diabetes amat rentan terhadap infeksi.

“Kadar gula yang berlebih juga bisa membuat nutrisi kepada janin menjadi berlebihan dan menyebabkan over nutrisi,” lanjut dr Yunir yang juga aktif di PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia).

Over nutrisi bisa berakibat pada pertumbuhan janin yang amat besar sehingga pada saat lahir beratnya bisa mencapai lebih dari 4 kg. Selain keguguran dan bayi lahir ‘raksasa’ bisa juga terjadi gangguan pertumbuhan janin, serta kematian janin di dalam kandungan.

Maka dari itu perlu kontrol diabetes, khususnya pada perempuan yang mengalami diabetes dan hendak hamil. Salah satu cara untuk mewaspadai diabetes di masyarakat adalah dengan memberikan pelatihan kepada tenaga medis, khususnya dokter umum dan dokter penyakit dalam.

Baca juga: 75 Persen Pasien Diabetes Gestational Tidak Periksa Lagi Setelah Melahirkan

“Kurikulum yang diberikan pada program Pengendalian Diabetes di Indonesia (PDCI) telah komprehensif, di mana aspek yang dibahas meliput pendeteksian faktor risiko, diagnosis, tata laksana yang tepat, hingga pengelolahan diabetes ” imbuh dr Yunir.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber 😕http://health.detik.com/