Jasad Korban EgyptAir Diangkat dari Kedalaman 3 Km di Dasar Laut Tengah

Rifan Financindo Berjangka ?- KAIRO?Potongan tubuh para penumpang pesawat EgyptAir yang jatuh di Laut Tengah bulan Mei lalu, ditemukan pada Minggu (3/7/2016) malam.

Pesawat Airbus A320 jatuh pada 19 Mei lalu, setelah mengudara selama tiga jam dari Paris menuju Kairo. Di dalam pesawat itu ada 66 penumpang dan kru yang semuanya dipastikan tewas dalam kecelakaan ini.

Seperti diberitakan laman USA Today, Senin (4/7/2016), potongan jasad tersebut ditemukan oleh sebuah kapal pencari yang sebelumnya telah memetakan lokasi mayat para korban di kedalaman laut.

Diberitakan, kapal pencari yang memang disewa oleh Pemerintah Mesir untuk mengungkap tragedi ini kembali ke lokasi jatuhnya pesawat setelah mengantarkan jasad ke Alexandria.

“Kapal tersebut kembali ke lokasi untuk melakukan pemindaian dasar laut, demi menemukan apa saja yang terkait dengan kecelakaan ini,” ungkap Komite Penyelidik Kecelakaan Udara Mesir melalui pernyataan tertulis yang dilansir BBC.

Setelah potongan-potongan tubuh itu dibawa ke Alexandria, para penyelidik akan mulai melakukan tes DNA untuk memastikan identitas para korban. Pemeriksaan tersebut akan berlangsung di Kairo, demikian diberitakan CBS.

Seperti yang telah diberitakan, pesawat itu jatuh dari ketinggian 38.000 kaki ke dalam Laut Tengah, setelah sebelumnya berbelok 90 derajat ke kiri dari lintasan awalnya.

Potongan tubuh itu ditemukan di kedalaman sekitar 9.800 kaki atau nyaris tiga kilometer di dasar Laut Tengah, di sekitar pecahan pesawat.

Sebelumnya juga, kotak hitam yang menyimpan data penerbangan dan rekaman percakapan di kabin pilot telah ditemukan lebih dulu. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa memang ada asap yang keluar di dalam kabin sebelum pesawat jatuh.