Jelang Data Australia, AUDUSD Menguat

Rifan Financindo Berjangka ? Pergerakan pasar mata uang di hari Jumat(3/7), Aussie dollar terpantau diperdagangkan lebih tinggi terhadap dollar AS ketika melambatnya kondisi pasar tenaga kerja Amerika dan menjelang laporan ekonomi Australia pagi ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, AUDUSD terpantau menguat 0.16% dengan berada pada level 0.7644. Pada pagi ini, pasangan tersebut terpantau bergerak menyentuh level 0.7629 untuk sesi terendah harian dan level 0.7645 untuk sesi tertinggi harian.

Dukungan Aussie dollar untuk alami penguatan terhadap greenback telah diakibatkan oleh melambatnya pertumbuhan pasar tenaga kerja Amerika. Melambatnya pertumbuhan tersebut telah ditandai dengan sebuah laporan resmi dari Biro Statistik Tenaga Kerja yang menyebutkan bahwa Non-Farm Payrolls AS telah bertambah sebanyak 223.000 di bulan Juni, setelah tumbuh sebanyak 254.000 di bulan Mei.

Di waktu yang bersamaan, sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan bahwa jumlah klaim pengangguran Amerika telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 281.000 dari 271.000. Meski telah terhambatnya pertumbuhan NFP dan meningkatnya klaim pengangguran tersebut, namun untuk tingkat pengangguran AS sendiri telah alami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 5.3% di bulan Juni dari 5.5% di bulan Mei.

Sementara itu, gejolak pergerakan Aussie dollar ?terhadap greenback nantinya akan kembali diuji ketika dirilisnya laporan hasil penjualan ritel Australia. Apabali laporan angka penjualan ritel mengalami peningkatan secara signifikan, maka Aussie dollar berpotensi lanjutkan penguatan. Namun sebaliknya, apabila penjualan ritel Australi mengalami hambatan, maka ?Aussie dollar terancam melemah.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/jelang-data-australia-audusd-menguat/