JELANG LAPORAN SURVEI TANKAN, YEN MENGUAT TERJADAP DOLAR

Rifan Financindo Berjangka?? Perdagangan valuta asing di hari Senin(15/12), yen terpantau menguat terhadap dolar AS menjelang dirilisnya laporan manufaktur dan non-manufaktur Jepang hari ini.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, USDJPY melemah 0.73% di level 117.92 dimana pasangan ini terpantau menyentuh level 117.83 untuk sesi terendah harian dan level 118.78 untuk sesi tertinggi harian.

Yen terlihat menguat terhadap dolar AS pada pagi hari ini, ketika pasar tengah menanti hasil laporan index manufaktur dan non-manufaktur Tankan yang dijadwalkan akan dirilis pada pukul 06.50 waktu Jakarta. Survei ekonom telah memperkirakan bahwa index manufaktur Tankan akan tetap, yang disesuaikan secara musiman pada level 13, sedangkan untuk index non-manufaktur Tankan akan mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 14.

Seiring dengan perkiraan ekonom tersebut, keadaan yang stabil pada index sektor manufaktur dan non-manufaktur Jepang seharusnya tidak menjadikan sebuah ancaman bagi yen untuk alami pelemahan terhadap dolar AS. Namun apabila hasil memperlihatkan terjadinya penuruna pada index manufaktur dan non-manufaktur tersebut, maka hal ini bisa mendorong yen menghapus keuntungan yang dialami saat ini.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/jelang-laporan-survei-tankan-yen-menguat-terhadap-dolar/