Jobless Claims AS Kembali Turun, Cetak Rekor Terendah 4 Dekade

PEKANBARU – Di tengah ketidakpastian geopolitik AS setelah Donald Trump resmi menjadi presiden AS pada Januari lalu, perhatian pasar tertuju pada rilis data Klaim Pengangguran periode mingguan AS yang kembali turun hingga berada di dekat rekor terendah dalam kurun waktu 4 dekade terakhir.

 

Jobless Claims

 

Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Kamis (9/2) pagi waktu setempat merilis data Jobless Claims untuk perhitungan yang berakhir pada 4 Februari lalu bertambah sebanyak 234k, atau turun 13k dibandingkan data periode sebelumnya. Sementara itu, forecast ekonom melalui polling yang diadakan Reuters sebelumnya memprediksi akan ada 249k warga AS yang mengisi form klaim PHK.

Dengan demikian, data Jobless Claims yang rilis di awal sesi New York malam ini jauh lebih baik dibandingkan data sebelumnya maupun forecast. Angka 234k itu sekaligus mengulang pencapaian jumlah klaim pengangguran pada awal November tahun lalu, berada dekat rekor terendah sejak tahun 1973 lalu atau lebih dari 4 dekade.

Jobless Claims yang rilis di awal sesi perdagangan New York tersebut menjadi kali ke-5 sepanjang tahun 2017, jumlah klaim pengangguran stabil dibawah 250k atau menjadi pekan ke-101 secara beruntun dibawah batas psikologis 300k, terpanjang sejak 1970.

Terus menurunnya jumlah klaim pengangguran tentu akan berdampak baik terhadap trend kenaikan upah pekerja. Banyak analis ekonomi menilai kondisi seperti sekarang ini mencerminkan pasar tenaga kerja Negeri Paman Sam berada dekat Full Employment, atau dengan kata lain hal tersebut tentu akan mendorong kenaikan upah pekerja lebih cepat di masa mendatang.

Pasca rilis data Jobless Claims yang begitu positif tersebut, secara mengejutkan tidak banyak membantu pergerakan dollar AS versus sebagian besar major currency pada pukul 21:20 WIB. Pair EUR/USD berdasarkan Time Frame H1 tampak bergerak konsolidasi, berada di level 1.0689; sedangkan GBP/USD diperdagangkan pada harga 1.2563;  pair USD/JPY masih bergerak konsolidasi sejak awal pekan berdasarkan Time Frame Daily, berada dilevel 112.34.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat :  PT Rifan Financindo

Sumber : seputarforex.