Klaim Pengangguran AS Turun Menjelang Akhir Tahun

PEKANBARU – Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Kamis (29/12) pagi waktu setempat melaporkan jumlah warga Amerika Serikat yang mengajukan Klaim Pengangguran pada pekan lalu turun sebanyak 10k dimana masih bertahan dekat level rendah.

Klaim Pengangguran AS Turun Menjelang

Jobless Claims yang dirilis mingguan berdasarkan laporan Department of Labor secara mengejutkan turun 10k dari periode sebelumnya 275k menjadi 265k untuk perhitungan yang berakhir tanggal 24 Desember lalu. Tercatat sudah menginjak pekan ke-95 dimana jumlah klaim pengangguran tetap berada dibawah level psikologis 300k.

Departemen Tenaga Kerja dalam laporannya juga menyebutkan bahwa sebenarnya tidak ada faktor spesial yang mempengaruhi jumlah Jobless Claims saat musim liburan akhir tahun, dimana biasanya estimasi data Unemployment Claims lebih sulit selama liburan karena sebagian besar aktivitas kerja di negeri Paman Sam tutup.

Angka 265k klaim pengangguran tersebut mematahkan harapan analis melalui jajak pendapat dimana median forecast reuters berada pada jumlah 277k, atau naik 2k. Berada dibawah jumlah 300k sudah berlangsung sejak tahun lalu yang menjadi catatan terbaik sejak 1970. Hal tersebut menandakan bahwa pasar tenaga kerja AS sudah benar benar solid.

Dirilis tiap minggu, Investor wajib memperhatikan data Jobless Claims AS karena memberikan pengaruh cukup signifikan kepada Bank Sentral Federal Reserve sebelum mengambil kebijakan moneter. Terus membaiknya performa jumlah klaim pengangguran terutama di tahun 2017 mendatang diprediksi dapat mendorong The Fed mewujudkan rencana untuk menaikan suku bunga sebanyak 3 kali seperti yang telah disebutkan Yellen pada pertemuan sebelumnya.

Pada pukul 21:00 WIB atau pasca rilis data Jobless Claims AS, pergerakan Greenback terpantau beragam versus major currency pada skala  short term. EUR/USD menguat cukup impresif sepanjang hari ini dan berada pada harga 1.0456 sedangkan GBP/USD masih berada diteritori negatif untuk skala long term meskipun Sterling sedikit menguat, berada di level 1.2243. (Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex