Laju Rupiah Terganjal Rencana Pajak Trump

RFB PEKANBARU – Nilai tukar Rupiah turut meresapi komentar Presiden AS, Donald Trump, tentang rencana pengumuman reformasi pajak yang fenomenal dalam waktu dekat. Kurs Rupiah terhadap Dolar AS ditransaksikan turun 9 poin menjadi Rp13,319 di bank-bank Jakarta.

rupiah

Pernyataan Donald Trump tentang rencana perombakan kebijakan pajak secara fenomenal, walaupun tidak disertai dengan rincian, ditanggapi positif oleh investor dan berdampak pada sedikit menguatnya Dolar AS.

“Kebijakan tersebut memicu pertumbuhan ekonomi di AS sehingga Dolar AS cenderung menguat,” kata Reza Priyambada dari Bina Artha Sekuritas yang diwawancarai oleh Antara. Priyambada menambahkan adanya faktor teknikal yang juga ikut memengaruhi nilai tukar Rupiah. Rupiah sempat menyentuh level di bawah Rp13.300 per dolar AS. Kata Priyambada, kondisi itu menyebabkan aksi profit-taking.

Rudal Korea Utara

Proyeksi lain datang dari Lana Soelistianingsih, ekonom Samuel Aset Manejemen. Berdasarkan kabar terbaru, Korea Utara kembali melakukan provokasi dengan menembakkan rudal ke wilayah Laut Jepang. Kondisi ini dibaca oleh investor sebagai situasi yang tidak aman. Pasar keuangan pun bereaksi negatif.

Soelistianingsih mengatakan bahwa meski bukan pertama kalinya Korut melakukan uji coba rudal, pasar menganggap risiko keamanan di Asia diekspektasikan meningkat. Laju Rupiah jadi agak tertahan. Prediksi dari analis Monex Investindo Futures yang diwawancarai oleh Kontan, Faisyal, untuk hari ini Rupiah melemah terbatas di angka 13,250-Rp 13,330.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Lihat :  Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex