LOGAM MULIA CATAT KENAIKAN MINGGUAN TERBESAR PADA PEKAN LALU

shadow

Financeroll ? Pada perdagangan bursa komoditi logam mulia, harga emas hari Jumat lalu telah berakhir di level tertinggi lebih dari 2 bulan, ditengah tanda-tanda bahwa Bank Sentral AS akan tetap pertahankan tingkat suk bunga pada level rendah.

Emas berjangka pengiriman Agustus telah berakhir lebih tinggi $2.50, atau 0.2% dengan berdiri pada level $1.316.00 per troy ounce pada divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga emas terpantau mencatat kenaikan mingguan terbesar dalam 3 bulan, dengan naik 3.22%, atau $42.50 per troy ounce.

Rally yang dialami oleh harga emas telah muncul ketika sebuah laporan hasil pertemuan kebijakan dari Bank Sentral AS menyatakan bahwa bank sentral tidak tergesa-gesa dalam melakukan kenaikan suku bunga utama di wilayah ini, hal ini menyebabkan harga emas mengalami rally sebesar 3.25% atau sebesar $41.40 per troy ounce pada hari Kamis minggu lalu.

Hasil pertemuan kebijakan The Fed juga memperlihatkan bahwa bank sentral telah kembali melakukan pemangkasan pada program stimulusnya sebesar $10 milyar, dimana laju program pembelian obligasi The Fed saat ini adalah sebesar $35 milyar per bulan.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis pada hari Jumat lalu oleh Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka menunjukkan bahwa hedge funds dan money managers secara signifikan telah meningkatkan taruhan bullish mereka pada emas berjangka pada pekan yang berakhir 17 Juni, dimana naik sebesar 23% dengan jumlah net longs sebanyak 66.572 kontrak.

Sedangkan untuk pergerakan perak berjangka di sesi sebelumnya, telah mencatat kenaikan mingguan terbesar hampir 4 bulan dengan melonjak naik sebsar 6.16%, atau sebesar $1.29 per troy ounce.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/logam-mulia-catat-kenaikan-mingguan-terbesar-pada-pekan-lalu/