Luar Biasa Unik! Festival Musik Bawah Laut di AS

Johanes Randy Prakoso – detikTravel – Jumat, 22/07/2016 13:10 WIB
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Big Pine Key? Menonton konser di panggung sudah biasa, tapi kalau di bawah air? Bagi Anda traveler pecinta diving dan musik, bisa datang ke festival musik bawah laut di AS.

Dalam rangka meningkatkan kepedulian akan lingkungan dan terumbu karang, setiap tahunnya Kepulauan Florida Keys di selatan AS menyelenggarakan Keys Underwater Music Festival atau Festival Musik Bawah Laut Keys.

Dilansir detikTravel dari situs Lower Keys Chamber of Commerce, Jumat (22/7/2016) tahun ini festivalnya bertempat di Looe Key Reef pada 9 Juli 2016 lalu. Sejumlah diver hingga lembaga preservasi terumbu karang dan stasiun radio lokal juga ikut meramaikan.

Secara konsep, Festival Musik Bawah Laut Keys berfokus pada konservasi dan kampanye lingkungan hidup. Khususnya untuk menjaga Taman Bawah Laut Florida Keys yang menaungi lokasi Off Big Pine selaku venue festival.

“Kami punya pesan lingkungan yang sangat kuat, kami juga punya pesan kepedulian akan diver, etika terumbu karang, serta bagaimana bertingkah yang benar di sekitar terumbu karang, jadi Anda tidak meninggalkan jejak selain gelembung udara,” jelas pendiri Festival Musik Bawah Laut Keys, Bill Becker seperti diberitakan media CBS Miami.

Para peserta pun hadir dengan memakai kostum unik (Florida Keys News Bureau)

Musik pun menjadi elemen pelengkap yang dapat dinikmati oleh traveler pecinta diving yang hadir. Alunan musik bertema laut pun dilantunkan lewat sebuah speaker kedap air dengan kabel yang memanjang ke perahu di atasnya.

Lagunya pun dipilih secara khusus oleh stasiun radio lokal Keys. Contohnya seperti ‘Yellow Submarine’ dari grup band Beatles hingga ‘Knee Deep’ oleh Jimmy Buffet dan Zac Brown Band. Istilahnya santai seperti di pantai.

“Sangat menarik rasanya, diving sambil mendengarkan musik. Terutama ketika Anda terbiasa mendengar suara bawah air yang tenang,” tambah Bill.

Musiknya berasal dari speaker kedap air (Florida Keys News Bureau)

Ratusan peserta festival pun tampil dengan mengenakan berbagai kostum bertema laut serta alat musik. Dari yang memakai kostum putri duyung sambil memainkan ukulele hingga yang membawa terompet bentuk ikan. Lucunya, bahkan ada yang memakai kostum tokoh Spongebob!

Faktanya, suara bergerak 3-4 kali lebih cepat di air ketimbang di udara. Sensasi mendengarkan musik di bawah air pun akan menjadi pengalaman yang berbeda. Bagi yang tidak bisa diving, juga bisa streaming musiknya lewat stasiun radio lokal Keys, WWUS.

Festival itu pun berlangsung selama 4 jam dan meriah. Idenya pun sangat orisinil dan pastinya menarik traveler pecinta olahraga diving. Seandainya saja festival itu bisa diadakan di Indonesia yang kaya akan alam bawah lautnya. Pasti seru sekali!

Peserta dengan kostum tokoh Spongebob (Florida Keys News Bureau)

Sumber :?http://travel.detik.com