Macet Horor di Brexit, Jokowi: Ini Karena Keterlambatan Pembangunan 8 Tahun

Macet Horor di Brexit, Jokowi: Ini Karena Keterlambatan Pembangunan 8 Tahun

Rifan Financindo Berjangka – Lebak?Titik macet pada musim mudik lebaran tahun ini bergeser dari Simpang Jomin di Jawa Barat ke Brebes, Jawa Tengah. Kemacetan hingga berjam-jam terjadi menjelang pintu tol keluar Brebes Timur atau ‘Brexit’ (Brebes Exit).

“Memang yang ke timur ada satu tempat saja yang masih ada dan sebelumnya sudah saya sampaikan kan dan perkiraan kita di situ (Brexit) nanti, dan benar,” kata Presiden Joko Widodo usai bagi-bagi sembako di Desa Sangiang Tanjung, Lebak, Banten, Senin (4/7/2016).

Menurut Jokowi hal itu sudah diprediksi dan merupakan risiko terlambatnya pembangunan. Jokowi menyebut nantinya bila semua jalan tol tersambung, maka kemacetan seperti ini bisa diurai.

“Keterlambatan membangun berhenti sampai 8 tahun berhenti, ada yang sampai 20 tahun, saya kira hal-hal seperti itu harus diselesaikan,” ungkap Jokowi.

Selain itu kemacetan ini juga disebabkan oleh pembayaran tol yang hanya di satu tempat, menurut Jokowi. Pada akhirnya kendaraan menumpuk di pintu tol keluar terakhir.

Jokowi menjanjikan dalam dua tahun ke depan pembangunan jalan tol yang terhubung sepanjang pantai utara Pulau Jawa rampung. Sehingga kemacetan seperti yang terjadi saat ini sudah tak ada lagi.

“Nanti kalau itu sambung dari Batang ke Semarang, Semarang ke Solo, Solo ke Ngawi, Ngawi ke Kertosono, semua sambung yah akan lancar ya. Tapi memang problem seperti yang sudah sering saya sampaikan (adalah) pembebasan lahan,” kata Jokowi.(Mbs – Rifan Financindo Berjangka)