Menghindari Kram Kaki pada Ibu Hamil yang Sedang Mudik

Menghindari Kram Kaki pada Ibu Hamil yang Sedang Mudik

Rifan Financindo Berjangka –?Saat tidak hamil saja, kram kaki kerap dialami dalam perjalanan yang cukup lama. Pada saat hamil, kram kaki tentu menambah ketidaknyamanan. Bagaimana menghindarinya?

“Yang paling penting harus cukup cairan seperti cairan elektrolit dan isotonik, contohnya air kelapa. Jika kondisi sangat panas sehingga banyak mengeluarkan keringat itu akan menyebabkan kekurangan cairan maka memudahkan kram terjadi apalagi kekurangan kalium,” papar dr Ridwan, SpOG, spesialis kandungan dan kebidanan dari Kemang Medical Care (KMC) Jakarta Selatan.

Selain asupan cairan, pastikan juga posisi kaki tidak statis. Ibu hamil disarankan untuk sering mengubah posisi kaki. “Misalnya saat di kendaraan ruangan untuk kaki harus disediakan lebih luas terutama saat hamil yang besar, atau lebih sering berhenti untuk melakukan peregangan pada kaki sehingga aliran darah lebih lancar,” saran dr Ridwan.

Peregangan di luar kendaraan biasanya dilakukan saat ibu sudah merasa tidak nyaman, yaitu 3-6 jam sekali.

Baca juga: Ibu Hamil, Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Melakukan Perjalanan Jauh

Berikut ini tips mudik bagi ibu hamil agar tetap nyaman yang diberikan oleh dr Ridwan:

1. Sebaiknya 2-3 hari sebelumnya tidak mengonsumi makanan atau minuman yang mengandung gas seperti brokoli, kol, makanan pedas atau minuman bersoda. Alasannya karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, ditambah saat hamil asam lambung meningkat.

“Sehingga pada saat perjalanan akan mengalami diare atau sakit di ulu hati, dan jika menggunakan pesawat, karena di pesawat dingin maka gas di tubuh akan meningkat dan mengganggu pencernaan,” jelas dr Ridwan

2. Pastikan kondisi fit atau sehat.

3. Melakukan kontrol pada dokter untuk melihat apakah ada risiko komplikasi sebelum melakukan perjalanan.

4. Jika tidak berpuasa, siapkan snack ringan karena ibu hamil mudah lapar. Snack yang siapkan hendaknya yang sehat seperti roti dengan selai kacang atau buah.(Mbs-Rifan Financindo Berjangka )

Sumber :?detik.com