Minyak Masih Tak Bertenaga

Rifan Financindo Berjangka ? Harga minyak masih belum bisa terangkat pada sesi perdagangan hari Senin seiring dengan aksi jual di pasar keuangan global. West Texas Intermediate menetap di bawah $ 39 per barel karena investor masih tetap terguncang oleh prospek pertumbuhan ekonomi global.

WTI untuk pengiriman Oktober turun $ 2,21 atau 5,5%, untuk selanjutnya menetap di level $ 38,24 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini adalah level terendah untuk kontrak paling aktif sejak Februari 2009. Harga minyak NYMEX ini sempat menyentuh level $ 37,75.

Crude Brent untuk pengiriman Oktober di bursa ICE Futures London tenggelam $ 2,77 atau 6,1% ke level $ 42,69 per barel, turun ke bawah level $ 43 untuk pertama kalinya sejak Maret 2009. Crude Brent sekarang diperdagangkan hampir 59% di bawah harga tertinggi satu tahun dari level $ 103,19 yang sempat dicapai pada bulan Agustus tahun lalu.

Ini adalah ?harga epik pertama di pasar minyak,? kata Matt Smith, direktur riset komoditas di ClipperData. Namun, ?sementara pasar memang terlihat lemah dari perspektif fundamental, harga Nymex dibawah $40 berarti banyak berita buruk yang sedang menerpa harga,? katanya.

Harga minyak berada di bawah tekanan selama beberapa bulan terakhir karena masalah kelebihan pasokan, tetapi kemerosotan juga diperdalam dalam beberapa pekan terakhir di tengah kekhawatiran perlambatan tajam ekonomi Tiongkok.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/minyak-masih-tak-bertenaga/