NZD/USD Melejit Abaikan Ketidakpastian Politik New Zealand

Rifanfinancindo Pekanbaru  – Dolar New Zealand merangkak naik ke level tinggi satu pekan di sesi perdagangan Jumat (13/Okt) pagi ini terhadap Dolar AS. Kenaikan NZD/USD terjadi pasca laporan Indeks Bisnis Manufaktur New Zealand yang tetap berekspansi di tengah ketidakpastian politik negara tersebut setelah Pemilu tanggal 23 September.

uang-kertas-nzd

Tercatat, penurunan Indeks Bisnis Manufaktur New Zealand hanya 0.4 persen, sehingga level dengan penyesuaian musiman untuk bulan September masih di rentang 57.5. Indeks di atas 50 merupakan kategori ekspansi, dan New Zealand berhasil mempertahankannya sejak Oktober 2012.

“Performa indeks manufaktur untuk bulan September terbukti masih kuat tak ubahnya seperti indeks pada bulan Agustus,” kata Craig Ebert, ekonom senior di Bank of New Zealand yang menerbitkan data tersebut. Ia menambahkan bahwa data tersebut, selain merupakan rerata jangka panjang yang baik, juga membuktikan bahwa bsinis manufaktur New Zealand masih kokoh walaupun kondisi politik sedang tidak pasti.

Kiwi Kesampingkan Uncertainty

Menyusul laporan tersebut, NZD/USD mendapatkan perolehan dengan diperdagangkan pada posisi 0.7134 pada pukul 8 pagi waktu Wellington. Sedangkan saat berita ini ditulis pada pukul 10:02 WIB, NZD/USD masih menambah kenaikan dan diperdagangkan pada harga 0.7141.

Pasar sedang menantikan data inflasi AS yang akan diterbitkan malam nanti. Dalam notulen FOMC kemarin, perlambatan inflasi AS menjadi perhatian khusus para pembuat kebijakan di bank sentral tersebut, sehingga data malam nanti akan menjadi perhatian para investor untuk memberi petunjuk tentang kenaikan suku bunga AS.

Sementara itu dari dalam negeri New Zealand sendiri, partai pemenang Pemilu yang masih belum bisa ditentukan, menjadi halangan terbesar Negeri Kiwi saat ini. Jajaran partai di New Zealand, baru akan menggelar rapat kembali dalam pekan ini.

Menurut Sharon Zollner, ekonom senior Bank ANZ, Dolar New Zealand tampaknya benar-benar mengesampingkan ketidakpastian politik sehingga mengungguli Greenback. Secara teknikal, NZD/USD mendekati level MA 200-day ke dekat 0.7160. ( Mbs-rifan financindo berjangka )

Lihat :  Rifanfinancindo 

Sumber : seputarforex