Pagi Ini, Harga Emas Terpantau Turun

Rifan Financindo Berjangka ? Perdagangan bursa komoditas berjangka di hari Kamis(10/12), harga emas dan perak terpantau alami penurunan pada pagi ini ketika membaiknya kondisi pasar tenaga kerja Australia.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Februari terpantau turun 0.26% di level $1.073.70 per troy ounce di divisi Comex, AS. Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Maret terpantau turun sebesar 0.13% di level $14.160 per troy ounce.

Harga emas terlihat mendapat tekanan untuk bergerak di zona negatif pada pagi ini, ketika membaiknya kondisi pasar tenaga kerja Australia. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Australia menyebutkan bahwa?employment change?Australia mengalami kenaikan 71.4K di bulan November setelah naik sebanyak 56.6K di bulan Oktober.

Pada waktu yang bersamaan, sebuah data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional menyebutkan bahwa tingkat pengangguran Australia terpantau turun sebesar 0.1% yang disesuaikan secara musiman menjadi 5.8% di bulan November dari 5.9% di bulan Oktober.

Di wilayah Jepang, sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Menteri Keuangan menyebutkan bahwa index manufaktur Jepang telah alami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 3.8 di kuartal empat dari 11.0 di kuartal tiga.

Sementara itu pergerakan harga emas nantinya akan kembali di uji ketika terdapatnya serangkaian laporan fundamental penting dari Eropa dan Amerika. Laporan tersebut meliputi sebuah data hasil pertemuan kebijakan Bank Sentral Swiss, MPC Minutes, dan klaim pengangguran AS.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/pagi-ini-harga-emas-terpantau-turun/