Panduan Fundamental 12 Februari

Panduan Fundamental 12 Februari

Rifan Financindo Berjangka ? Pada perdagangan hari ini, kondisi harga masih mengarah kepada melemahnya dollar terhadap mata uang dunia dengan terbantu dari verbal intervensi yang dilakukan Janet Yellen semalam dihadapan senat AS, sehingga investor panic dan melakukan safe haven currencies dan emas.

Pernyataan ambigu Yellen dimana yakin terhadap kondisi ekonomi AS di masa datang, semalam menyatakan bahwa suku bunga the Fed bisa dilonggarkan atau diturunkan kembali bila kondisi global mendesaknya. Dibalik itu semua Yellen berharap terhadap indeks dollar segera ke level 94.06, agar the Fed lebih leluasa mengatur neracanya.

Seperti kita ketahui bahwa kenaikan suku akan selalu diikuti penguatan mata uangnya dan harga emas yang melemah tentunya akan sedikit banyak mempengaruhi neraca pembayaran suatu negara yang bisa melemah, suatu kewajiban pula bagi pimpinan bank sentral seperti Yellen untuk mengeluarkan pernyataan ?penenangan? terhadap pasar agar mata uangnya tidak terus mengalami penguatan.

Ini yang kami lihat sebagai kewajiban bagi Yellen untuk sedikit memberi keleluasaan investor untuk mengoleksi portfolionya yang lebih aman seperti mata uang yang berusuku bunga negative dan emas dimana emas kita ketahui merupakan komoditi yang aman ketika hiruk pikuk ekonomi global yang krisis.

Selain itu, hari ini focus data ekonomi yaitu penjualan retail AS yang kemungkinan membaik dibanding periode sebelumnya, sehingga ada peluang bahwa akhir pecan ini factor penguatan dollar bisa terlihat. Tetapi kalau data penjualan retail ini mengalami penurunan, maka dollar bisa tertekan dan emas bisa melewati level tertinggi kemarin.

Sumber :?http://financeroll.co.id/expert-comment/panduan-fundamental-12-februari/