Pasar Uang Tidak Stabil, Harga Emas Bisa Melonjak Ke $1.900

PT. Rifan Financindo Berjangka ? Ditengah kekhawatiran harga emas akan terpuruk oleh hantaman keputusan naiknya suku bunga Bank Sentral AS, Robert McEwen salah satu praktisi industri Emas global, memperkirakan harga emas justru akan naik. Tidak tanggung-tanggung, kenaikan sebesar 44% ini bisa terjadi diakhir tahun setelah perekonomian AS runtuh.

Sebagaimana dilansir dari Bloomberg, McEwen memperkirakan harga emas akan diperdagangkan pada kisaran harga $1.700 ? $1.900 per ons di akhir tahun 2016. Sentimen pendorong kenaikan harga emas yang demikian tinggi ini adalah ketidak stabilan kondisi pasar uang global dan krisis hutang yang masih mendera. McEwen yang mengelola produsen emas McEwen Mining Inc. dan Goldcorp Inc, menambahkan bahwa suku bunga yang masih rendah secara global seperti saat ini akan menciptakan kecemasan besar-besarandikalangan investor. Akibatnya mereka akan kembali memilih emas sebagai tujuan investasinya, tambahnya.

Berbicara dalam sebuah konferensi emas di Colorado Springs ? AS, McEwen menegaskan bahwa Emas merupakan mata uang atau alat pembayaran yang tidak memiliki liabilitas didalamnya. Selama berabad-abad telah terbukti sebagai simpanan yang tak lekang oleh jaman. Selama ini, menurut McEwen, banyak pihak menentang menggunakan emas karena beranggapan bahwa menyimpan emas itu boros, perlu dana untuk menyimpannya. Saat ini, kondisi berbalik, jika anda menyimpan uang, perlu dana untuk menyimpannya, tegasnya.

Pada perdagangan hari Selasa (20/09/16) harga emas di bursa Comex untuk kontrak perdagangan berjangka pengiriman bulan Desember, berakhir diharga $1.318,20 per ons. Tidak banyak mengalami pergerakan. Harga emas sepanjang tahun ini telah naik 24%, ini merapakan kenaikan harga terbesar sejak 2011. Laju kenaikan harga emas batangan ditahun 2016 ini terjadi setelah tiga tahun sebelumnya, tercatat harga emas selalu berakhir turun. Sejak menyentuh harga tertinggi sepanjang masa pada tahun 2011 diharga $1.923,70 per ons, harga emas merosot sebesar 31%.( Mbs-Rifanfinancindoberjangka)

Sumber :financeroll