Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta

Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta

Rifan Financindo Berjangka – Purwakarta Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Purwakarta bakal berlangsung meriah. Rencananya sebanyak 999 bedug yang berasal dari seluruh masjid di Kabupaten Purwakarta akan mengikuti pawai berkeliling kota saat malam takbiran tiba.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi menjelaskan, pawai 999 bedug tersebut sudah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan Pemkab Purwakarta untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Dedi mengatakan, pawai tersebut sengaja digelar untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menghabiskan malam takbiran di luar rumah. Dengan adanya pawai akbar, masyrakat akan lebih terarahkan dibanding dengan berkeliling secara sendiri-sendiri atau berkelompok.

“Kalau tidak diatur malah nanti akan repot. Masyarakat akan seenaknya membawa bedug mereka keliling kota. Tapi kalau kita buat parade tentu akan lebih teratur,” jelas Dedi, Senin (4/7/2016).

Pihaknya memastikan dengan adanya kegiatan tersebut seluruh aparat keamanan sudah siap melakukan pengamanan di sela-sela kewajiban mereka memberi pelayanan selama arus mudik lebaran tahun ini.

Acara pawai 999 bedug ini sudah menjadi agenda tahunan Pemkab Purwakarta saat malam takbiran tiba. Kegiatan tersebut dalam beberapa kesempatan pun masuk dalam rangkaian acara hari jadi atau HUT Kabupaten Purwakarta.

Nantinya para peserta akan membawa bedug dari masjid atau mushola masing-masing di daerahnya. Biasanya mereka akan berkeliling kota mulai dari depan Masjoid Agung Baing Yusuf atau di Lapangan Sahate setelah kumandang takbir menggema menandakan esok masyrakat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri.(Mbs – Rifan Financindo Berjangka)