Permintaan Safe Haven Emas, Picu Kenaikan Si Kuning

Rifan Financindo Berjangka – Berita commodity metals di hari Jumat(24/6), harga emas telah bergerak naik dengan mengalami rebound tajam setelah ditutup melemah di sesi sebelumnya. Penguatan saat ini yang dicatat oleh emas berjangka terjadi ketika besarnya potensi bahwa Inggris akan keluar dari blok Eropa berdasarkan hasil dari perhitungan sementara.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka kontrak bulan Agustus naik 1.54% di level $1.282.50 per troy ounce di divisi Comex, AS. Pergerakan emas pagi ini telah bergerak menyentuh level low di $1.252.95 dan level high di $1.288.00. Kenaikan serupa juga telah dialami oleh harga komoditas logam lainnya, dimana silver commodity kontrak Juli terpantau naik 0.93% di level $17.515 per troy ounce.

Harga commodity logam pagi ini terlihat mengalami penguatan tajam akibat meningkatnya permintaan safe haven emas sebagai tempat berlindung ditengah kondisi ancaman Inggris untuk lepas dari blok Eropa berdasarkan hasil perhitungan sementara. Hasilquick count sementara dari beberapa lembaga survei independen telah mengindikasikan adanya dukungan kuat untuk Inggris lepas dari blok Eropa. Berdasarkan hasil perhitungan sementara, saat ini telah terdapat sebanyak 12 daerah di Inggris yang berkeinginan agar lepas dari blok Eropa.

Sementara itu, selain menanti hasil akhir Brexit referendum perhatian pasar tengah juga terbagi dengan sebuah laporan pesanan barang tahan lama Amerika yang dijadwalkan akan dirilis pada pukul 19.30 waktu Jakarta. Survei ekonom memperkirakan bahwa pesanan barang tahan lama Amerika akan mengalami kenaikan 0.1% untuk periode bulan April hingga Mei.

Emas bergerak bullish pada kisaran USD1267 dan diperkirakan akan lanjut bullish sampai pada key-resistance level terdekat dan kemudian akan bergerak bearish.

Jika masyarakat Inggris?memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, kemungkinan permintaan Emas akan kembali meningkat sebagai safe-haven. Namun jika pemilih UK memilih untuk tetap di Uni Eropa, diperkirakan downside Emas akan terbatas.( Mbs-Rifan Financindo Berjangka )

 

Analisa Teknikal

Pada grafik H1 di bawah ini dapat dilihat salah satu kemungkinan hitungan?Elliott Wave?yang dapat membantu anda mengambil keputusan trading hari ini.

klik gambar untuk memperbesar

Sumber ?:?seputarforex

Sumber :?financeroll