Persediaan AS Menurun, Minyak Melejit

Rifan Financindo Berjangka ? Harga minyak mentah mantap bergerak menguat ke posisi tertingginya dalam sekitar delapan bulan pada perdagangan hari ini, Rabu, ditopang oleh penurunan persediaan minyak mentah AS yang lebih dalam dari perkiraan serta kekhawatiran terhadap serangan pada industri minyak Nigeria. Harga minyak WTI kontrak Juli menguat sebesar 0,38% atau 0,19 poin ke level $50,55 per barel. Pagi tadi WTI dibuka dengan kenaikan sebesar 0,10% di level $50,41 per barel. Pada saat yang sama, patokan Eropa minyak Brent untuk kontrak Agustus berhasil naik 0,17% atau 0,09 poin ke $51,53 per barel, sebelumnya dibuka dengan penurunan tipis.

Berdasarkan rilis data kelompok industri American Petroleum Institute (API) kemarin, seperti dikutip Reuters hari ini, persediaan minyak mentah komersial AS turun 3,6 juta barel pekan lalu, dibandingkan dengan prediksi penurunan sebesar 2,7 juta barel menurut revisi survey Reuters. Selain itu, menurut para analis, kekhawatiran akan gangguan suplai global turut mendukung pasar. Area Delta bagian selatan di Nigeria telah terpukul oleh serangan militan pada pipa gas dan minyak yang telah menggiring penurunan produksi minyak negara Afrika tersebut ke level terendah dalam 20 tahun. Jumlah produksi minyak Nigeria berada turun ke kisaran 1,5 juta-1,6 barel per hari dari sebelumnya 2,2 juta barel per hari di awal tahun ini.

Namun di sisi lain, kekhawatiran akan permintaan global membebani pergerakan harga. Hari ini, World Bank memangkas proyeksinya untuk pertumbuhan global 2016 menjadi 2,4% dari 2,9% pada Januari. Pemangkasan proyeksi tersebut melihat penurunan harga komoditas, kelesuan tingkat permintaan pada negara-negara dengan ekonomi maju, pelemahan perdagangan, serta berkurangnya aliran modal. Pada perdagangan kemarin, minyak West Texas Intermediate ditutup di atas level US$50 per barel untuk pertama kalinya sejak 10 bulan terakhir. Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli naik 67 sen ke level $50,36 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, patokan minyak global Brent untuk pengiriman Agustus naik 89 sen atau 1,8% ke $51,44 per barel di ICE Futures Europe exchange.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/persediaan-as-menurun-minyak-melejit/