Pokemon Go Antara Kebutuhan dan Kecanduan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Mutakhir ini beberapa pemberitaan ramai akan permainan yang disebut Pokemon Go tak terkeculi dengan media nasional. Hingga kini pula, seperti dilansir Live Science, permainan ini telah diunduh lebih dari tujuh juta kali di Amerika Serikat, sejak kali pertama rilis pada 6 Juli 2016. Karna disambut baik sejak peluncuranya Pokemon Go mendapat pujian dari berbagai kalangan termasuk berbagai ahli kesehatan. Namun perlu kita ingat jika kesehatan luas wilayahnya sehingga tentunya butuh kajian lebih mendalam oleh seluruh komponen termasuk Spesialis Mata, Psikitrik dan lain-lain.

Kebutuhan

Jika anda bertanya pada seorang ahli muskuskeletal maka tentunya anda akan mendapatkan jawaban baik, sebab Pokemon Go mengajak penikmatnya untuk lebih aktif beraktifitas dan tentunya ini cocok untuk kultur masyarakat kota yang begroundnya kerja kantoran ?Duduk? lebih relefan lagi bagi pencegahan obesitas. Menurut hemat penulis yang juga punya sedikit pengetahuan kesehatan kuncinya memang ada pada semakin lama Anda bergerak, semakin banyak kalori yang akan terbakar jadi tak heran jika jawaban orang-orang sepesialis olahraga punya jawaban baik tentang perihal ini.

Sebagaimana penulis paparkan diatas maka untuk kategori obesitas dan pekerja duduk ini tentunya sebuah kebutuhan, dimana akan lebih baik kegunaanya jika kategori tersebut menggunakanya, . Dari segi mental Pokemon Go juga mendapat acungan jempol dikarenakan

Sebab Pokemon Go mendorong penggunanya untuk melakukan gerakan fisik yaitu berjalan untuk mencari Pokemon. Aktivitas inilah yang bisa turukan kadar depresi seseorang, bahkan pihak yang memproduksi Pokemon Go ini mengklaim jika Game tersebut bisa menjadi sebuah aplikasi untuk terapi mental. Bukan itu saja menurut hemat penulis game ini baik juga untuk penderita stroke. Namun ada beberapa catatan penting untuk kita telaah bersama-sama.

Kecanduan

Kecanduan game adalah fenomena efek akibat dari bermunculanya berbagai jenis game, bahakan game sudah menjadi bagain terpenting dari kehidupan manusia. Penulis ibaratkan game adalah kebutuhan primer dalam tatanan masyakat modern.sehingga tak heran jika putra-putri bangsa yang lahir di saat ini lebih dekat denagan Game ketimbang dengan keluarga. Dalam konteks game Pokemon Go tentunya efek kecanduan sudah pasti ada, sehingga kemudian memunculkan berbagai analisa tentang dampak buruk dari game ini.

Seperti kita ketahui bersama juga kecanduan tentunya berfek buruk, tak perlu teori-toeri modern penulis paparkan, penulis akan mencoba lebih realities untuk menelaah ini. Salah satu efek butuk nyata kecanduan adalah pola makan, diaman istilah lupa makan atau bahkan malas makan tentu sering dialami bagi mereka para pecandu game, ini karena konsentrasi dalam menikmati game. Sanagt tinggi. Jika ini terus berlanjut, maka kondisi pencernaan tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan beberapa penyakit seperti Gastritis atau dalam istilah tradisionalnya disebut Mag.

Selain itu tentu ini juga tidak asing lagi ditelinga kita jika mata seorang gamer punya masalah dengan matanya, hal ini karena gamer selalu menghadapkan mata pada komputer. Sehingga radiasi yang dipancarkan sangatlah tidak baik bagi kesehatan mata. Kesehatan mata akan terganggu secara tidak disadari, apalagi bagi anak kecil. Sedikit penulis ingatkan jika tak semua game itu baik, menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics?yang antara lain dilakukan di Seattle Children?s Research Institute (2011), Iowa State University (2010), dan Stanford University School of Medicine (2009), kebanyakan main game bisa mengganggu proses tumbuh kembang anak. Dan masih banyak efek lainya yang tentunya butuh penelitian yang mendalam.

Belum lagi persoalan keamanan,jika Pokemon langkah keluar dimalam hari, apakah anda akan keluar untuk memburu pokemon langkah? Tentunya masih pentingkan keamanan ketimbang pokemon. Efek dari game Pokemon Go juga penulis mengkhawatirkan jika game ini bisa mengakibatkan kecelakaan akibat para gamer sudah kecanduaan.

Initi dari segala sesuatu tentunya ada kelebihan ada kekerungan sehingga seyogyanya kembali ke pribadi masing-masih persoalan game Pokemon Go ini, jika digunakan sebijaknya maka manfaat yang didapat juga sama, namun apabila berlebihan hingga kecanduan maka berbagai efek yang penulis prediksikan bisa saja terjadi dan pastinya mengancam.(Mbs-Rifan Financindo Berjangka)

Sumber :detik.com