PRE OPENING: IHSG DIPERKIRAKAN MIXED, CENDERUNG MENGUAT TERBATAS

shadow

Financeroll ??Pelemahan indeks juga di picu oleh kekhawatiran akan valuasi?saham?yang sudah mahal. Sementara itu data initial claims menunjukkan penurunan jumlah tenaga kerja yang mengajukan klaim pengangguran, yang mengindikasikan berlanjut membaiknya pasar tenaga kerja. Untuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diperkirakan bergerak cenderung mixed. IHSG bergerak pada kisaran level 5046-5073. Untuk sejumlah saham yang dapat direkomendasikan antara lain:? ?JSMR, BBNI, ASII, GGRM, TLKM, PGAS, AKRA, ?dan ISAT.? Di sisi lain, penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG.

Tercatat IHSG masih bergerak cukup positif diikuti oleh naiknya volume serta tingginya sentimen beli asing kemarin. Akan tetapi, adanya pola doji serta posisi di dekat level psikologis 5,100 berpotensi menghambat kenaikan. Maka, kami memperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran positif positif hari ini.

?HSG pada perdagangan Kamis (10/7) ?ditutup menguat 1,46% pada level 5098, setelah sempat berfluktuatif dalam teritori positif. Semua sektor menguat dengan kontribusi penguatan terbesar pada sektor properti konstruksi. Investor asing melakukan net buy senilai Rp 4,197 triliun. Hasil quick count yang berbeda pada Pilpres 9 Juli lalu ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli investor karena optimis bahwa capres yang pro pasar akan menang.

Sesuai estimasi, BI Rate tetap pada level 7,5%. Indeks di bursa Wall Street ditutup melemah akibat sentimen negatif dari kondisi keuangan di Portugal yang mendorong permintaan pada aset-aset yang lebih aman. Saham di Eropa dan obligasi di Portugal melemah akibat meningkatnya kecemasan investor akan gagal bayar utang perusahaan yang terkait dengan bank terbesar kedua di Portugal. Bank Sentral Portugal menyatakan Banco Espirito Santo SA dilindungi setelah induk perusahaannya tidak bisa membayar utang.

Selain itu, pasar saham AS melanjutkan pelemahan, seiring melambatnya kinerja emiten. Koreksi dialami indeks Dow Jones Industrial Avg sebesar -0,42% dan indeks S&P 500 sebesar -0,41%.? Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh agresi Israel ke Palestina, yang menimbulkan ketegangan di Timur Tengah. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 sebesar ? 0,58% dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan -0,76%.

Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas juga terkoreksi. Harga minyak mentah WTI? turun -0,06% ke posisi USD ?102,74 per barel. Sedangkan?harga emas?Comex terkoreksi -0,11% ke level US$ 1.337,70 per troy ounce.? Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) di posisi 7,5%. Ke depan, investor menanti rilis kinerja semester pertama emiten.

Diperkirakan akan ?IHSG bergerak di atas EMA 200 hari. Indeks bergerak menguat dan membentuk gap up. Indeks breakout resistance dan membentuk level tertinggi baru di 5.165. indicator RSI di zona 55% mengindikasikan potensi pasar di area overbought. Hari ini indeks akan bergerak mixed to up. Indeks akan bergerak di kisaran support 5.058 dan resistance 5.151.

Sumber :?http://financeroll.co.id/news/pre-opening-ihsg-diperkirakan-mixed-cenderung-menguat-terbatas-2/