0

PT Rifan | Bunga BI Turun Jadi 3,75%, Bunga Bank Cuma Seuprit

PT Rifan | Bunga BI Turun Jadi 3,75%, Bunga Bank Cuma Seuprit

PT Rifan – Jakarta Suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 Day Reverse Repo Rate sudah turun ke level 3,75%. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan selama tahun ini BI sudah memangkas bunga acuan 1,25% atau 125 bps.

Kemudian jika dihitung sejak Juli 2019 bunga acuan sudah turun hingga 2,25% atau 225 bps. “Ini sudah mendorong penurunan bunga pasar uang dan penurunan bunga dana. Faktor pertama ini mestinya bisa turunkan bunga kredit,” kata Perry saat konferensi pers, kemarin.

Lalu bagaimana bunga di bank baik simpanan maupun kredit?

Dari data analisis Uang Beredar BI periode September 2020. Disebutkan memang suku bunga kredit dan simpanan mengalami penurunan seiring tren penurunan suku bunga.

Pada September 2020, rata-rata tertimbang bunga kredit tercatat 9,85% turun 4 bps dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya 9,89%. Kemudian untuk bunga simpanan berjangka untuk tenor 1 bulan menjadi 4,93% dari sebelumnya 5,2%.

Kemudian tenor 3 bulan menjadi 5,13% dari sebelumnya 5,52%, tenor 6 bulan menjadi 5,55% dari sebelumnya 5,97% dan tenor 12 bulan menjadi 6,03% dari sebelumnya 6,19% dan tenor 24 bulan menjadi 7,16% dari sebelumnya 7,2%.

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan penurunan bunga kredit di bank memang tidak simetris. Ada perbedaan untuk bank kecil dan bank besar.

Bank kecil yang kesulitan likuiditas cenderung menahan suku bunga. Hal ini berbeda dengan bank besar yang memiliki likuiditas berlimpah.

“Mereka punya ruang untuk menurunkan suku bunga kredit. Meskipun begitu penurunan suku bunga kredit di bank juga tidak terlalu besar. Tidak sebesar turunnya bunga acuan BI,” kata dia.

Memang, penetapan suku bunga kredit ini bank harus mengikuti profil risiko nasabahnya. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan

Sumber : finance.detik

Tinggalkan Balasan