PT Rifan Financindo Berjangka | Corona Hantam RI, Bagaimana Nasib Program KTA?

PT Rifan Financindo Berjangka | Corona Hantam RI, Bagaimana Nasib Program KTA?

PT Rifan Financindo Berjangka – Jakarta Pandemi Corona (COVID-19) menghantam laju perekonomian. Kondisi turut mempengaruhi permintaan kredit, termasuk kredit tanpa agunan (KTA).

Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan menjelaskan selama COVID-19 ini memang terjadi penurunan pada permintaan kredit.

“Rata-rata permintaan kredit itu turun selama COVID-19. Walaupun kami saat ini masih tetap on bisnis ya,” kata Lani saat dihubungi detikcom, Selasa (28/4/2020).

Dia mengungkapkan, saat ini masyarakat memang kelihatannya menahan permintaan karena melambatnya daya beli.

“Kelihatannya juga menahan untuk minta kredit ke bank, mungkin khawatir untuk kemampuan bayarnya,” imbuh dia.

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan saat ini memang permintaan kredit tanpa agunan di bank akan otomatis berkurang. Hal ini karena banyak masyarakat yang menahan diri untuk membelanjakan uang dan lebih memilih untuk bertahan.

“Akan berkurang, karena yang biasa ambil KTA itu yang serba nanggung mau belanja tapi kurang. Tapi sekarang yang belanja sedikit kan semuanya terdampak COVID-19,” kata Piter.

Misalnya mulai dari kehilangan pekerjaan, pendapatannya berkurang sampai tidak jelasnya kapan masalah ini akan selesai.

“Minat konsumsi akan turun, mereka akan mengutamakan survive dulu. Yang membeli baju lebaran atau kebutuhan yang tidak penting akan direm dulu pasti. Karena COVID-19 ini memang membuat konsumsi menurun,” jelas dia. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo Berjangka 
Sumber : finance.detik