PT Rifan Financindo Berjangka | Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Hoax? Cek www.prakerja.go.id

PT Rifan Financindo Berjangka |  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Hoax? Cek www.prakerja.go.id

PT Rifan Financindo – Jakarta Pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 menjadi salah satu tema dalam Google Trend dilihat detikcom, Senin (5/10/2020). Pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 dan sebelumnya memang menjadi stimulus yang ditunggu-tunggu masyarakat selama pandemi COVID-19.

Jika melihat pendaftaran sebelumnya, pendaftaran gelombang baru dibarengi pengumuman akun yang lolos di tahap sebelumnya. Artinya, pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 dibarengi pengumuman akun yang mendapatkan kartu prakerja gelombang 10.

Namun, pengumuman kartu prakerja gelombang 10 pada Jumat (2/10/2020) tidak diikuti pembukaan gelombang baru. Instagram Kartu Prakerja di akun prakerja.go.id juga tidak mengunggah pengumuman pendaftaran kartu prakerja gelombang 11.

Jadi, pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 hoax atau fakta?

Pengumuman lebih detail bisa dilihat dalam situs Kartu Prakerja di link www.prakerja.go.id. Sebelumnya diberitakan pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 adalah yang terakhir untuk tahun anggaran 2020.

Pemerintah bahkan hanya menyediakan 116.261 kuota untuk kartu prakerja gelombang 10 menanggapi animo masyarakat yang sangat tinggi. Jumlah tersebut merupakan sisa kuota untuk tahun ini, sehingga artinya target Kartu Prakerja sudah terpenuhi untuk tahun 2020.

“Dengan demikian lengkaplah total kuota penerima Kartu Prakerja tahun anggaran 2020,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Alih-alih informasi pendaftaran kartu prakerja gelombang 11, pemerintah memposting pengumuman agar akun yang telah lolos untuk segera membeli pelatihan. Tiap peserta punya waktu 30 hari memilih pelatihan yang diperlukan sesuai kebutuhannya.

Biaya pelatihan dibayar dengan insentif yang telah diberikan pemerintah melalui akun www.prakerja.go.id. Peserta harus menerima konsekuensinya jika tak taat ketentuan dalam Permenko nomor 11 tahun 2020 tersebut.

“Bila belum membeli pelatihan sampai waktu yang ditentukan, maka status kepesertaan akan dicabut,” tulis Kartu Prakerja.

Peserta yang lolos bisa mengisi survei evaluasi Kartu Prakerja. Peserta yang telah mengisi survei akan mendapat insentif dari pemerintah. “Survei evaluasi ini bertujuan untuk mengukur dampak pelatihan dalam program Kartu Prakerja. Setelah mengisi setiap survei, Sobat bisa mendapat insentif sebesar Rp 50 ribu,” tulis Kartu Prakerja.

Suvei Kartu Prakerja bisa diisi dengan mengklik tautan yang muncul pada dashboard akun www.prakerja.go.id. Batas waktu pengisian adalah 30 hari sejak notifikasi diterima peserta, sedangkan insentif diterima 14 hari sejak menyelesaikan survei. Sementara bagi yang berminat mencoba ikut pelatihan, sebaiknya terus memantau informasi di www.prakerja.go.id seandainya pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 dibuka. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo
Sumber : finance.detik