PT Rifan financindo | Dunia Gunjang-ganjing, Investor Lari ke Emas

rifan-pekanbaru.com

PT Rifan Financindo – Jakarta, CNBC Indonesia Harga emas dunia bergerak naik di perdagangan pasar spot pagi ini. Tingginya risiko perekonomian global membuat investor memilih bermain aman dan memburu aset aman (safe haven) seperti emas.

Pada Kamis (3/10/2019) pukul 08:00 WIB, harga emas berada di US$ 1.500,59/troy ons. Naik 0,09% dibandingkan posisi hari sebelumnya. Kemarin, harga sang logam mulia ditutup naik 1,4%.

Investor masih mencemaskan kondisi di Amerika Serikat, di mana data-data ekonomi Negeri Paman Sam terus memburuk. Pada September, angka Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur AS versi Institute for Supply Management (ISM) adalah 47,8. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 49,1.

Angka PMI di bawah 50 menunjukkan industriawan tidak melakukan ekspansi. Selain itu, skor 47,8 adalah yang terendah sejak Juni 2009.

Kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi yang mungkin berujung kepada resesi dipertegas oleh rilis data ketenagakerjaan dari ADP. Ini menjadi gambaran awal terhadap data ketenagakerjaan resmi yang akan dirilis pemerintah AS akhir pekan ini.

ADP melihat penciptaan lapangan kerja di Negeri Paman Sam pada September adalah 135.000. Turun dibandingkan posisi Agustus yang sebanyak 157.000 dan berada di bawah konsensus pasar yang dihimpun Reuters yaitu 140.000.

Situasi diperparah dengan potensi perang dagang. Kali ini bukan AS vs China, tetapi AS vs Uni Eropa.

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memenangkan gugatan AS yang menyebut Uni Eropa memberikan subsidi kepada Airbus sehingga menimbulkan persaingan tidak sehat dengan perusahaan pembuat pesawat lainnya seperti Boeing. Sidang panel WTO menyatakan AS menderita kerugian sampai US$ 7,5 miliar per tahun.

Keputusan WTO ini menjadi pembenaran bagi rencana AS untuk menerapkan bea masuk terhadap importasi produk-produk dari Eropa. Washington mengusulkan pengenaan bea masuk bagi importasi hingga US$ 11 miliar.

Di tengah situasi pasar yang penuh gunjang-ganjing seperti ini, investor tentu mencari selamat masing-masing. Pelaku pasar pun melindungi portofolionya dengan memborong emas, dan menyebabkan harga komoditas ini naik. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo
Sumber : cnbcindonesia