PT Rifan Financindo I Emas Kalah Mengilap Dari Dolar AS Pasca Misil Korut

PT Rifan Financindo Pekanbaru  – Harga emas masih beredar di level rendah pada sesi perdagangan Rabu (30/Agustus) sore ini, setelah tergelincir karena penguatan Dolar AS. Pasar yang mulai santai menghadapi gejolak geopolitik Asia akibat aksi provokasi misil Korea Utara, kembali menghidupkan minat risiko dalam porotofolio trading mereka.

emas-batangan

Meski demikian, penurunan emas tak terlalu tajam dan masih di atas level 1,300, karena risiko geopolitik belum benar-benar hilang meski mereda. Harga emas spot turun 0.1 persen ke angka $1,307.60 per troy ons pada pukul 14:01 GMT+7. Padahal kemarin, harga emas spot mencapai $1,325.94, level tinggi lebih dari sembilan bulan. Sedangkan, emas futures untuk pengiriman Desember tergelincir 0.4 persen ke angka $1,313.20.

Menurut Naeem Aslam, analis pasar dari ThinkMarkets, penguatan Dolar AS telah sedikit memudarkan kilau emas. Untuk saat ini, lebvel $1,300 menjadi level psikologis bagi logam mulia berwarna kuning tersebut.

Fokus Pasar Ke NFP AS

Aset-aset safe haven seperti emas dan mata uang Yen kemarin banyak diburu investor akibat uji misil Korea Utara yang menyasar ke Jepang walaupun target sebenarnya adalah wilayah Guam. Jepang bersama Korsel dan AS telah berdiskusi dengan Dewan Keamanan PBB untuk mendapatkan jalan terbaik menghadapi Korea Utara. Namun, tanpa menjatuhkan sanksi baru, Dewan Keamanan PBB hanya memberikan kecaman terhadap aksi provokatif negara pimpinan Kim Jong Un tersebut.

Selain itu, kendati Kim Jong Un menyatakan bahwa tembakan misil kemarin merupakan “pembukaan” dalam rangka serangan ke teritori AS di Guam, pasar telah tak sepanik kemarin dan lebih memilih untuk mengalihkan fokusnya ke NFP AS Jumat nanti.

“Apakah kami mengira isu geopolitik akan makin intensif? Tidak juga, tapi kami tetap tidak bisa mengesampingkan kemungkinan tersebut,” kata Dominic Schnider di UBS Wealth Management kepada Reuters.

Harga Emas ANTAM

Turunnya harga emas internasional menyeret turun harga emas ANTAM. Dikutip dari situs Logam Mulia, harga emas ANTAM batangan berada pada Rp611,000 per gram atau menurun Rp3,000 dari harga kemarin. Buyback price emas ANTAM berada pada level Rp550,000 per gram.( Mbs-rifan financindo berjangka )

Lihat : Rifan Financindo

Sumber : seputarforex