0

PT Rifan Financindo – Stasiun Manggarai Bakalan Makin Semrawut, Ini Penyebabnya

Stasiun Manggarai Bakalan Makin Semrawut, Ini Penyebabnya


PT Rifan Financindo – Jakarta, CNBC Indonesia – Stasiun Manggarai bakal mengambil alih peran Stasiun Gambir sebagai hub atau persinggahan persimpangan utama kereta di DKI Jakarta. Hal tersebut bisa berdampak pada arus lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pun angkat bicara. Dia menyampaikan komentar sebagai mantan Menteri Perhubungan sekaligus mantan Direktur Utama PT KAI.

Menurutnya, Gambir harus tetap melayani Kereta Api jarak jauh seperti Tokyo Central Station dan banyak central station lain di banyak kota besar di dunia.

“Pengalihan ke Stasiun Manggarai tidak tepat mengingat lalu lintas dari dan ke Stasiun Manggarai masih sangat menantang,” kata Jonan dalam sebuah komentar melalui akun instagramnya di sebuah unggahan akun Instagram Detik, Selasa (8/10/2019).

Jonan bilang, Stasiun Manggarai adalah Stasiun pengendali dari banyak arah perjalanan kereta api termasuk kereta bandara.

“Jika KA jarak jauh dipindah ke Stasiun Manggarai bersama dengan KA Bandara, maka sebaiknya KA Manggarai tidak melayani penumpang KRL lagi,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, terkait kesiapan jalanan di sekitar Manggarai, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengaku perlu ada diskusi lebih lanjut.

“Nanti saya coba diskusikan. Biasanya pak menteri pasti selalu kalau ada perubahan terhadap skema untuk satu terminal satu simpul, pasti akan dilibatkan dengan yang lain,” ungkapnya ketika ditemui di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dia bilang, koordinasi ini juga perlu melibatkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT). Hal ini juga terkait integrasi antarmoda transportasi di sekitar Manggarai.

Budi Setiyadi menegaskan, setiap pengembangan moda transportasi pasti akan didukung dengan transportasi yang lain. Sebagai contoh, di beberapa daerah sudah massif terbangun konsep Transit Oriented Development (TOD).

“Jadi semuanya akan mendukung, sehingga kita harapkan masyarakat berpindah dari satu moda transportasi ke moda yang lain akan lebih bagus,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Stasiun Gambir akan pensiun melayani kereta api jarak jauh mulai 2021 mendatang. Sebagai gantinya, peran Gambir akan diambil alih oleh Stasiun Manggarai. (hps/hps

Tinggalkan Balasan