PT Rifanfinancindo | Aneh Tapi Nyata: Ekonomi RI Merosot tapi Orang Kaya Baru Makin Banyak

PT Rifanfinancindo | Aneh Tapi Nyata: Ekonomi RI Merosot tapi Orang Kaya Baru Makin Banyak

PT Rifan Financindo – Jakarta Sebuah fakta terungkap bahwa jumlah orang kaya di Indonesia pada tahun lalu semakin bertambah meskipun kondisi sedang memprihatinkan karena terjadi wabah pandemi COVID-19. Jumlah orang kaya bertambah salah satunya disebabkan oleh kenaikan harga aset.

Ekonom Senior Faisal Basri turut mengutarakan hal serupa dalam akun media sosialnya. Dia mengatakan, pandemi membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia merosot tetapi jumlah orang dengan kekayaan di atas US$ 1 juta meningkat tajam.

“Pandemi mengakibatkan perekonomian Indonesia merosot (kontraksi). Namun, jumlah orang dewasa dengan kekayaan di atas USD1 juta naik tajam sebesar 61,7%, dari 106.215 orang tahun 2019 menjadi 171.740 orang,” kata Faisal dalam akun Twitternya dikutip Selasa (13/7/2021).

 Lebih lanjut, menginti laporan Credit Suisse yang dikutp dari CNBCIndonesia, jumlah orang dengan kekayaan di atas US$ 1 juta atau setara dengan Rp 14,49 miliar (kurs dollar Rp 14.486) di Indonesia ada sebanyak 172.000 orang. Bertambah 62,3% dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Jika dibandingkan dengan seluruh populasi jumlah jutawan (dalam dolar Amerika Serikat, bukan rupiah) Indonesia hanya 0,1% dan menempati posisi kedua dari 27 negara yang dijadikan sampel. Kondisi tersebut tidak berubah dibandingkan 2019.

Menurut laporan tersebut, jumlah orang kaya di tanah Air bertambah karena kenaikan harga aset. Salah satunya didorong oleh suku bunga rendah yang mendorong harga aset di pasar keuangan.

Tidak hanya di sektor keuangan, harga aset fisik seperti properti pun masih membukukan kenaikan meski lajunya melambat. Pada 2020, indeks harga hunian residensial naik 1,55% yoy (year on year).

Penghasilan para jutawan ini bukan melulu dari gaji bulanan. Investasi bisa menjadi tambahan penghasilan para orang kaya baru ini yang bahkan bisa lebih tinggi ketimbang upah tetap yang perkembangannya hanya mengikuti laju inflasi. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo
Sumber : finance.detik