PT Rifanfinancindo | Tips Biar Dompet Nggak Tumpur Diserang Diskon Akhir Tahun

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Jakarta  Penghujung 2019 sudah di depan mata, banyak pengusaha pusat belanja menyuguhi diskon besar-besaran pada setiap produk yang dijualnya. Biasanya musim diskon berlaku pada produk pakaian, sepatu, makeup, aksesori, hingga peralatan rumah tangga menawarkan potongan harga yang sangat menggiurkan.

Di saat musim diskon biasanya banyak kebutuhan yang muncul secara tiba-tiba. Bahkan, masyarakat terkadang digelapkan matanya hanya karena melihat promo sehingga hal tersebut mengancam kesehatan dompet Anda.

Namun ancaman bagi kesehatan dompet Anda bisa diatasi dengan beberapa tips yang dibagikan oleh Aidil Akbar, seorang perencana keuangan. Dia berbagi tips untuk detikers agar tidak tumpur alias kehabisan uang saat diskon menghujani pusat perbelanjaan.

Berikut tujuh tips dompet selamat dari big sale akhir tahun:1. Belanja sesuai kebutuhan

Menurut Aidil, belanja sesuai kebutuhan bisa menyelamatkan Anda. Sebelum larut dari promo-promo yang disajikan, ada baiknya membuat list produk apa saja yang dibutuhkan. Sehingga belanja kebutuhan bukan karena rasa ingin apalagi diskon.

2. Jangan takut ketinggalan diskon

Acara diskon di pusat perbelanjaan tidak hanya diselenggarakan pada akhir tahun. Menurut Aidil banyak acara diskon lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya acara diskon di hari raya dan yang paling dekat setelah akhir tahun adalah Hari Raya Imlek.

 3. Cermat membeli barang diskonBiasanya barang-barang yang didiskon merupakan stok lama atau sisa yang pada periode selanjutnya mau diganti dengan stok baru. Sehingga bagi Anda harus cermat untuk membeli barang yang didiskon.

4. Hati-hati ‘diskon palsu’

Selain cermat terhadap barang yang didiskon, ada baiknya juga Anda kroscek lebih jauh terhadap promo yang diberlakukan. Menurut Aidil, tidak menutup kemungkinan bahwa diskon yang diberikan ternyata tetap dijual dengan harga normal alias ‘diskon palsu’ atau harga barang dinaikan terlebih dahulu baru diberikan diskon.

5. Buat perbandingan

Sebelum membeli produk diskon, ada baiknya Anda membuat perbandingkan terlebih dahulu. Sebab di musim diskon tidak hanya berlaku barang yang dijual oleh pusat perbelanjaan saja, tetapi biasanya para toko online pun menyajikan hal yang sama. Biasanya, barang yang dijual oleh online shop lebih murah meskipun tidak pakai diskon.

6. Jangan belanja pakai utang

Jika ingin menyelamatkan isi kantong, maka Anda jangan sesekali memaksa membeli barang dengan utang.

7. Jangan tergoda diskon 50%

Membeli barang yang kita inginkan dan mendapat potongan harga 50% memang sangat menyenangkan. Namun perlu dipahami lebih dalam lagi jika diskon 50% itu bukan berarti Anda menghemat, tapi Anda justru mengeluarkan uang 50% untuk barang yang belum tentu dibutuhkan. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )Lihat : PT Rifan Financindo

Sumber : finance.detik

PT Rifan Financindo, Rifanfinancindo, Rifan Financindo