Rabu Siang, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.125/USD

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA ? Laju nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (27/7) pagi hingga siang, bergerak menguat sebesar 40 poin menjadi Rp 13.125 dibandingkan sebelumnya Rp 13.165 per dolar AS.

Ruang penguatan mata uang rupiah mulai terbuka walaupun masih terbatas di tengah sentimen pelemahan dolar AS menyusul proyeksi belum ada kenaikan suku bunga Amerika Serikat dalam Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC).? Dolar AS melemah setelah data kepercayaan konsumen Amerika Serikat diumumkan turun. Pengumuman itu semakin membuat harapan kenaikan suku bunga acuan AS menjadi semakin mengecil.

Dari domestik, ?di tengah investor yang sedang menanti realisasi pelaksanaan amnesti pajak, pelaku pasar juga menanti perubahan susunan kabinet.? Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan kembali merombak susunan kabinetnya pada hari ini (Rabu, 27/7), kondisi itu berpeluang kembali mengangkat optimisme pasar terhadap kinerja pemerintah ke depan.

Selain itu, harga minyak jenis WTI Crude pada Rabu (27/7) pagi ini bergerak melemah 0,19% menjadi USD 42,84 per barel, dan Brent Crude turun 0,20% menjadi USD 44,78 per barel.

Juru Bicara Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan penerimaan uang tebusan dari program amnesti pajak telah mencapai Rp 23,7 miliar, meski pelaksanaan dari kebijakan ini baru berjalan efektif selama satu minggu.? Tebusannya telah mencapai Rp 23,7 miliar, itu dari deklarasi aset sebesar Rp 989 miliar.

Menurut Luky, uang tebusan tersebut seluruhnya berasal dari deklarasi aset dengan rincian sebesar Rp 735 miliar dari deklarasi aset dalam negeri dan sebanyak Rp 253 miliar dari deklarasi aset luar negeri.? Luky optimistis para wajib pajak yang melakukan deklarasi aset maupun repatriasi modal dari luar negeri semakin bertambah, terutama menjelang berakhirnya masa periode pertama pada akhir September 2016.(Mbs-rifan financindo berjangka)

Sumber :?http://financeroll.co.id/