0

Rifan Financindo | 4 Faktor Pendorong Harga Emas Hari Ini

Rifan Financindo – Harga emas naik tipis di sesi perdagangan Selasa (12/Maret) malam ini. Tampak dalam grafik XAU/USD di bawah ini, bahwa harga emas naik 0.33 persen ke 1,297.62. Bisa dikatakan, logam mulia masih terkonsolidasi di level tinggi yang terbentuk pada tanggal 8 Maret.

xauusd

Sementara itu, harga emas spot naik 0.2 persen ke $1,297.15 per ounce sekitar pukul 21:00 WIB tadi, dan harga emas futures di Comex New York menguat 0.5 persen ke $1,297.70.

Dolar AS Makin Lemah Pasca CPI

Dolar AS kian melemah setelah Consumer Price Index (CPI) AS dilaporkan naik ke 0.2 persen. Kenaikan inflasi konsumen bulanan tersebut adalah yang pertama setelah nihil pertumbuhan selama tiga bulan sebelumnya. Namun, pasar mengharapkan dorongan inflasi yang lebih garang daripada data tersebut.

Akibatnya, mereka memilih untuk melepaskan Dolar mereka. Merosotnya Indeks Dolar AS (DXY) membuat harga emas terasa murah bagi pembeli dengan mata uang selain Dolar AS.

“Harga emas naik karena melemahnya Dolar AS, turunnya harga saham, moderatnya CPI AS, dan perkembangan Brexit,” kata Kepala Analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa, kepada Reuters.

“Jika Dolar AS melemah lebih jauh, maka kita akan dapat melihat harga emas menembus ke atas 1,300 dan berusaha untuk mencapai resisten 1,320. Namun, harga emas masih berada dalam fase konsolidasi saat ini,” tambahnya.

Volatilitas Rumor Brexit

Sementara itu, dari sisi Brexit, perkembangan isu masih sangat volatile jelang voting parlemen beberapa jam dari sekarang. Optimisme bahwa PM May telah mendapatkan konsesi penting dari Uni Eropa, terhapus sore tadi setelah juru bicara partai DUP–salah satu koalisi penting PM May di parlemen–berkomentar pesimis dan memupuskan harapan akan persetujuan parlemen. (Baca juga: Data Makro Beragam, Sterling Tetap Fokus Brexit)

Jika kesepakatan Brexit disetujui (oleh parlemen Inggris) maka dapat mendorong suatu reaksi negatif moderat pada harga emas. Sebab, para investor akan (lebih memilih) untuk membeli saham-saham daripada emas. Namun, jika parlemen menolak, maka akan menjadi positif bagi emas. Sebab, pasar memang sudah mengantispasi aoabila kesepakatan tak tercapai,” kata De Casa.

( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )
Lihat : Rifan Financindo
Sumber : seputarforex

Tinggalkan Balasan