Rifan Financindo | Begini Strategi Ritel Bertahan di Tengah Pandemi

Rifan Financindo | Begini Strategi Ritel Bertahan di Tengah Pandemi

Rifan Financindo – Jakarta Industri ritel menjadi salah satu yang terkena dampak dari pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satu ritel ternama di Indonesia The Goods Dept bahkan sempat mengalami penurunan penjualan hingga 100% dari rata-rata penjualan bulanannya.

“Kalau kita sangat terdampak ya, karena bisnis kita 80% itu terjadi di offline atau toko fisik, 20% di online, sebelum pandemi, pas pandemi itu sudah pasti, pas PSBB orang tidak boleh ke mal, penjualan fisik itu jadi sampai 0 intinya turun 100%,” ujar Founder dan CEO The Goods Dept Anton Wirjono dalam acara webinar bersama Whatsapp, Selasa (21/7/2020).

Meski begitu, ritelnya tetap mampu bertahan dengan cara langsung beralih ke pasar online. Bahkan, berkat penjualan online, ritel ini mampu mengembalikan omzet seperti biasanya. Selama pandemi, penjualan online produk ritel The Goods Dept melonjak hingga 140% dan untuk produk makan-minumannya naik 100% lebih.

“Jadi memang benar sangat ada peluang untuk memindahkan distribusi kita ke online,” sambungnya.

Sejak beralih ke pasar online, The Goods Dept merubah pula strategi marketing mereka. Mulai dari produk yang dipasarkan, pola promosi produknya, harga hingga distribusinya.

“Salah satunya untuk produk pun berubah, karena demand untuk produk itu berubah. Contoh tadinya banyak orang beli sepatu, pas PSBB kemarin atau sekarang masih berjalan karena belum banyak yang keluar, sepatu penjualan berkurang tapi mungkin secara kemeja itu naik, lalu kalau untuk makanan dan minuman, bahan makanannya yang naik,” paparnya.

Dari sisi harga, The Goods Dept juga harus rela memberi diskon lebih dan meniadakan harga premium. “Dari sisi pricing, dulu kita bisa menjual harga yang lebih premium, sekarang banyak mencari diskon kita adjust semua dan itu akhirnya konversinya lebih banyak,” tambahnya.

Untuk promosi, yang tadinya kebanyakan dilakukan secara fisik dan hanya di website resmi The Goods Dept saja, kini lebih agresif menjajal semua platform media sosial.

“Secara promosi sudah pasti sangat berubah, karena sekarang place juga berubah yang tadi offline sekarang online dan delivery, promosinya pun jadinya banyak kita shift ke promosi digital dengan targeted ads di Instagram, Facebook dan Whatsapp untuk repeat customer kita. Pokoknya kita secara distribusi kita buka semua yang tadinya hanya di website dan toko, sekarang ready di semua platform juga,” tuturnya. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifan Financindo

Sumber : finance.detik