Rifan Financindo | Harga Emas Flat Menantikan Testimoni Powell The Fed

Rifan Financindo  –   Harga emas turun dan cenderung flat memasuki sesi perdagangan ketiga di hari Selasa (09/Juli) ini. Data JOLTS AS dan Pidato Ketua The Fed Jerome Powell malam ini tak memberikan banyak pengaruh pada pergerakan harga di pasar logam mulia. Hal ini karena testimoni Powell pada hari Rabu besok dan Kamis lusa lebih dinantikan.

Harga emas futures untuk pengiriman Agustus di Comex New York turun 0.5 persen ke $1,393.65 per troy ounce pada pukul 21:34 WIB. Sementara itu, harga emas spot turun 0.4 persen ke $1,390.21 per ounce pada pukul 21;42 WIB, setelah sempat terjun ke level terendah sejak tanggal 2 Juli di posisi $1,386.11.

Kendati demikian, grafik XAU/USD harian berikut ini justru menunjukkan penguatan tipis pada harga emas, meski kecenderungannya masih flat di level rendah dua hari. XAU/USD naik 0.26 persen ke 1,398.70 saat berita ini ditulis.

xauusd

Powell Tak Menyinggung Suku Bunga

Dalam pidato singkat yang disampaikannya di konferensi perbankan di Boston malam ini, Ketua The Fed Jerome Powell tidak membuat pernyataan apapun mengenai kebijakan moneter. Namun, pimpinan bank sentral AS tersebut hampir dipastikan akan mengklarifikasi Outlook kebijakan The Fed dalam testimoni di hadapan Kongres yang akan dimulai Rabu besok.

Meskipun peningkatan angka NFP AS bulan Juni 2019 jauh melebihi ekspektasi, tetapi proyeksi Rate Cut tak lantas terhapus sama sekali. Fed Fund Futures mengimplikasikan bahwa pemangkasan suku bunga The Fed sebanyak 25 basis poin, masih mungkin dilakukan dalam pertemuan FOMC akhir bulan ini.

“Powell bisa saja memperkuat ekspektasi pasar mengenai penurunan suku bunga ataupun mengendalikannya,” kata analis Investing, Jesse Cohen.

“Level kepastian bahwa The Fed akan memotong suku bunganya bulan Juli ini memang belum dapat dibenarkan, jadi saya akan melihat (testimoni) Powell terlebih dahulu untuk memastikan sentimen dovish yang telah diantisipasi pasar,” tutup Cohen.

 ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )
Lihat : Rifan Financindo
 
Sumber : seputarforex