Rifan Financindo | Harga Emas Tembus 1,400 Seiring Meningginya Potensi Fed Rate Cut

Rifan Financindo  –  Kenaikan harga emas tampak dalam grafik XAU/USD di bawah ini, dengan diperdagangkan di 1,393.22, melanjutkan kenaikan yang terbentuk sejak tanggal 18 Juni. Bahkan, pergerakan harga emas sempat menyentuh 1,411.83.

xauusd

Sementara itu, harga emas spot naik 0.7 persen ke $1,398.43 pada pukul 20:43 WIB. Level tersebut sudah sedikit menurun jika dibandingkan level sebelumnya yang di atas $1,400, dan merupakan level tertinggi sejak bulan September 2013. Sedangkan harga emas futures di Comex New York untuk pengiriman Agustus, sempat mencapai $1,402.15 per troy ons, dan masih diperdagangkan di dekat level tersebut saat berita ini ditulis.

Emas Terdukung Tingginya Probabilitas Rate Cut The Fed

Dalam sepekan, emas sudah menghimpun 4 persen kenaikan harga. Hal itu disebabkan oleh perubahan sinyal Outlook kebijakan bank sentral AS (The Fed) yang menjadi sangat dovish. Jerome Powell dan rekan-rekannya memutuskan untuk “bergabung” dengan ECB dan BoJ, dalam bersiap memotong suku bunga apabila pertumbuhan ekonomi membutuhkannya.

Selain itu, Presiden The Fed untuk wilayah St. Louis, James Bullard, juga mengatakan bahwa sekarang merupakan saat yang tepat untuk memangkas suku bunga. Pasalnya, inflasi yang lemah dan ketidakpastian ekonomi sedang menghantui Amerika Serikat.

Pasar langsung berspekulasi bahwa Rate Cut The Fed akan dilakukan pada bulan Juli depan, dengan frekuensi hingga tiga kali pemotongan dalam tahun ini. Dolar AS pun anjlok 1 persen, dan harga emas melambung. Tak hanya itu, logam mulia lain seperti perak, diperkirakan juga akan mengalami peningkatan permintaan.  ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Sumber : seputarforex