0

Rifan Financindo | Harga Emas Tergelincir Setelah Trump Melunak

Rifan Financindo –  Harga emas melemah dari level tinggi 13 Mei, seiring dengan mulai menggeliatnya harga-harga di pasar saham. Harga emas spot, yang merefleksikan perdagangan bulion di pasar, stabil di level $1,296.64 per ounce. Sedangkan harga emas futures di Comex New York untuk pengiriman bulan Juni, turun 0.1 persen ke $1,297.80 per ounce. Saat berita ini di-update pada pukul 09:20 WIB, XAU/USD melemah 0.04 persen ke level 1295.78 di grafik Daily.

Harga emas hari ini

Emas Tergelincir, Investor Wait And See

Setelah harga emas melonjak pasca pembalasan tarif impor oleh China, Presiden AS Donald Trump kembali membuat pernyataan. Dengan nada bicara yang lebih lunak dibandingkan sebelumnya, Trump mengatakan bahwa ia mengharapkan sebuah “pertemuan yang sangat bermanfaat” dengan Presiden China Xi Jinping di KTT G20 bulan depan.

Selain itu, Trump juga dikabarkan akan menunda pemberlakuan tarif impor mobil hingga enam bulan ke depan. Kabar yang bisa mendinginkan tensi dagang AS dengan Uni Eropa itu pun membuat indeks saham AS dan UE menguat, sehingga harga emas sedikit tertekan.

“Tak diragukan lagi bahwa apa yang menyangga harga emas adalah kesepakatan dagang dengan China… tetapi setelah pengumuman penundaan tarif mobil oleh Trump (yang rencananya akan diumumkan resmi Sabtu besok), maka para investor pun kebingungan dan tidak tahu kemana arah selanjutnya. Inilah yang membuat aktivitas (perdagangan emas) flat (saat ini),” kata analis RJO Futures, Thomas Haberkorn, yang dikutip oleh Reuters.

“Fokus utama saat ini adalah ekonomi global dan bagaimana (indikator-indikator) ekonomi dapat menjaga harga emas di level atas. Oleh sebab itu, para pelaku pasar pun akan membuka mata lebar-lebar untuk melihat sinyal-sinyal pelemahan,” tambah Haberkorn.

( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )
Lihat : Rifan Financindo

Sumber : seputarforex

Tinggalkan Balasan